Saturday, June 09, 2018

Aliran Rasa Level 7: "Semua Anak Adalah Bintang”

Dalam kehidupan ini, kadang kita hanya melakukan dan menganggap hal baik sesuai dengan cara pandang kita, dan itu sering berlaku pula kepada anak kita sendiri. Kadang tanpa disadari kita tidak mampu dengan mudah memahami apa maksud dari “polah” yang terkadang membuat kita hilang sabar terhadap anak. Kita dengan mudah menjudge dan memberi labelsomething” terhadap anak sendiri. Kita lupa dan kita tidak menghitung bahwa begitu banyak hal baik yang sudah mereka lakukan. Pernah kita juga mendengar kalimat bahwa sesungguhnya anak adalah cerminan dari diri kita. Hal apapun yang anak lalukan baik itu kebaikan atau keburukan, jangan cepat menghakimi, berkacalah, bercermin lah pada diri kita sendiri. Apa kita berani mengatakan bahwa bukan kita yang menjadi salah satu “role model” dari anak kita sendiri. Dengan menyadari hal ini kita mampu untuk introspeksi diri, kita mampu melakukan perbaikan agar kita bisa menjadi role model yang pantas bagi putra putri kita. 
Begitu pula dengan Agatha, saya kadang lupa menghitung bahwa begitu banyak kebaikan dan kebanggaan yang sudah dia berikan dan tunjuk kan kepada saya, hati yang pemaaf, keceriaan, berbesar hati, sikap yang penuh tanggung jawab dan hal-hal lain yang kadang tertutup oleh perasaan “kesal” akan polah nya yang menurut saya tidak dapat ditolerir. Pada saat itu saya tidak mampu melihat maksud baik apa yang sebenarnya ingin dia tunjuk kan dan sampaikan kepada saya dengan “polahnya” itu. Saya hanya memandang "kebenaran" dari versi saya sebagai orang yang lebih dewasa. Dan tidak berusaha memposisikan diri dengan versi dan cara pandang anak usia 6 tahun.
Agatha... jangan bosan mengajari Mama tentang kehidupan ini, Agatha tidak hanya belahan jiwa Mama, Agatha adalah teman, sahabat, guru, dan bintang kecil yang selalu menyinari hari-hari Mama

#AliranRasa
#GameLevel7
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#BintangKeluarga
#SemuaAnakAdalahBintang

0 comments:

Post a Comment