"30 Menit Menemukan Unik Diri (bakat) ananda"
Peka Lebih Cepat, Observasi Dengan Tepat
Oleh: Andita A. Aryoko
Definisi BAKAT
❓ Apa yang selama ini kita ketahui tentang BAKAT?
Bakat adalah excellent dalam urusan bidang-bidang seni ataupun bidang-bidang olahraga, tidak keren dalam dua bidang tersebut maka orang dikatakan tidak berbakat
❓ Lalu apa sebenarnya makna dari BAKAT?
Bakat ialah pola perilaku, cara berfikir, dan cara merasa yang dapat didayagunakan optimal untuk aktivitas produktif. Jadi bakat tidak hanya terkotak pada bidang seni dan olahraga saja.
BAKAT menurut Al-Qur'an
π‘Adalah tugas setiap manusia untuk menemukan potensi keunikan diri yang disebut bakat ini.
πDi dalam Al-Qur'an surat Al-Isro: 84 Allah swt menyampaikan:
"....Setiap orang akan berbuat sesuai Syakilaah-nya masing-masing...."
π Syakilaah inilah modal unik yang Allah swt install dalam diri setiap manusia, dengan tujuan menunaikan misi yang berbeda demi tujuan besar sebagai rahmatan lil'aalamiin
BAKAT menurut Kajian & Penelitian Ilmiah
π¬ Riset Gallup
Dibuat oleh Donald O. Clifton
Berdasarkan penelitian gallup selama 30 tahun terakhir melibatkan 2juta wawancara mengenai kinerja yang unggul.
Hasilnya ditemukan sekitar 5.000traits dari sekitar 18.000 traits yang ada dalam diri manusia. Ke 5.000 traits ini sangat terkait dengan produktivitas seseorang
Dari 5.000 dikelompokkan menjadi 400 dan akhirnya menjadi 34 tema bakat
Di Indonesia, riset ini dikembangkan oleh Abah Rama Royani yang disebut dengan Talents Mapping
Selanjutnya, mari kita bahas 34 tema bakat ini,
Sebelumnya, pastikan agar:
✅Kertas dan bollpoint siap digunakan
1. Command
Senang menjadi penanggungjawab dan orang lain kadang melihatnya sebagai seseorang yang 'suka mendesak/memaksa'
Siapa yang anandanya suka begitu? silahkan tulis command di kertasnya masing2
2. Activator
Tidak sabar bertindak
Siapa yang anandanya demikian? jika iya, silahkan tulis activator di kertas masing-masing
3. Competition
Senang membandingkan kemajuannya dengan orang lain, menjadikan segalanya kompetisi dan selalu berusaha menjadi nomor satu
Siapa yang anandanya begitu? silahkan tulis competition jika bunda merasa ananda demikian
4. Maximizer ➕
Perfeksionis dalam hal hasil
Siapa yang anandanya suka demikian? silahkan tulis maximizer
5. Significance
Senang menjadi pusat perhatian, dikenal, didengar, diakui, serta dihargai banyak orang atas keunikan atau keistimewaan yang dimilikinya
Ayo siapa yang anandanya suka begitu? silahkan ditulis significance
6. Self-Assurance π
Memiliki intuisi yang kuat, bahwa keputusan-keputusan yang dibuat merupakan keputusan yang benar
Ada yang anandanya suka begini? silahkan catat self-assurance
7. Communication π¬
Mudah sekali mengungkapkan apa yang dipikirkannya melalui kata2 atau tulisan yang mudah dimengerti orang lain.
Adakah yang anandanya suka demikian Bund? monggo silahkan dicatat communication
8. WOO (Winning Others Over) π
Senang akan tantangan untuk bertemu dengan orang baru atau orang yang belum dikenal sebelumnya
Siapa yang anaknya suka begitu? monggo dicatat WOO
9. Positivity π
Memiliki antusiasme tinggi yang dapat 'menular' dan optimisme yang dapat membuat orang lain bersemangat atas apa yang akan dilakukannya.
Siapa yang anaknya suka demikian? silahkan dicatat positivity
10. Developer π£
Senang mengenali dan menggali potensi yang terdapat pada diri orang lain dan mendapatkan kepuasan dari setiap kemajuan masing2 individu.
Ada yang ananknya suka demikian? silahkan dicatat developer
11. Relator
Menikmati hubungan yang dekat atau erat dengan orang lain secara pribadi dan menemukan kepuasan mendalam dalam bekerja keras dengan teman2nya untuk mencapai tujuan.
Siapa yang anandanya suka begitu? silahkan dicatat relator
12. Includer π¨π©π§π¦
Senang berkumpul, guyub
Siapa yang anaknya suka begitu? biasanya julukannya 'ga ada loe ga rame' catat includer yaa
13. Harmony
Dapat berkerja sama secara baik dengan orang lain
Siapa yang anandanya suka begitu? catat harmony yes
14. Adaptability πΎ
Mudah menyesuaikan diri
Siapa yang ananda demikian? catat adaptability ya
15. Individualization
Mampu melihat karakter kinerja orang per orang
Ada yang anaknya suka demikian? Catat individualization ya
16. Connectedness π
Kesalingterkaitan, yakin bahwa semua yang ada di dunia ini ada sebabnya
Ada yang anaknya suka mengait-ngaitkan? catat connectedness ya
17. Empathyπ
Mampu merasakan perasaan orang lain di sekitarnya seolah olah mengalaminya sendiri
Ada yang anaknya suka demikian? catat empathy yes
18. Futuristic π
Senang membayangkan apa yang mungkin terjadi di masa mendatang
Apa ada yang anaknya suka demikian? catat futuristic ya
19. Strategic
Pandai memilih jalan terbaik menuju tujuan
Ada yang anaknya suka demikian? catat strategic yes
20. Ideation π‘
Banyak memiliki ide-ide baru
Siapa yang anaknya suka demikian? catat ideation yes
21. Analytical
Mencari hubungan sebab akibat, hanya percaya pada data dan angka
Siapa yang anandanya suka demikian? catat analytical yes
22. Learner π
Senang mempelajari sesuati, dan selalu tertarik lebih terhadap proses mempelajari sesuatu dibandingkan bidang, materi, atau hasil pembelajaran tersebut
Ada yang anaknya suka demikian? catat learner ya
23. Input π
Senang mengumpulkan dan mengoleksi sesuatu, serta mengarsip segala macam informasi
Ada yang anandanya demikian? catat input yes
24. Context π°
Menikmati mempelajari sesuatu melalui riset dan studi tentang masa lalu
Ada yang anaknya suka demikian? catat context yah kalau iyes
25. Restorative
Pemulih, senang memperbaiki kepada fungsi semula
Ada yang anandanya suka demikian? catat restorative yes
26. Deliberative
Teliti, waspada, hati2 sebelum melompat
Ada yang anandanya demikian? catat deliberative yes
27. Arranger π
Suka menata, mengorganisir, dan mengatur sesuatu
Ada yang anaknya suka demikian? catat arranger yes
28. Discipline
Senang berada dalam kondisi atau situasi yang teratur, terstruktur, terencana, memiliki sistem dan prosedur
Ada yang anandanya suka demikian? catat discipline yes
29. Consistency ⚖
Adil, sesuai dengan aturan
Ada yang anaknya suka demikian? catat consistency yes
30. Fokus π
Butuh sasaran sebelum bekerja, dan tidak suka diganggu ketika bekerja
Ada yang anaknya demikian? catat fokus ya pada kertas masing2
31. Achiever
Memiliki stamina yang tinggi dan selalu bekerja keras
Ada yang anaknya demikian? catat achiever yes
32. Intellection
Suka dengan olah pikir, dan berfikir mendalam
Ada yang anaknya suka begitu? catat intellection yes
33. Responsibility
Kalau sudah janji pasti ditunaikan, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas komitmen yang telah dibuat baik besar ataupun kecil, dan merasa terikat secara emosional untuk memenuhi atau menjalaninya hingga selesai
Ada yang anandanya suka begitu? catat responsibility yaa
34. Belief
Suka melayani dan mendahulukan orang lain
Ada yang anaknya suka demikian? catat belief yaa pada kertas masing2
Alhamdulillah, selesai juga 34 tema bakat saya share 1 per satu π
π Mengobservasi unik diri ananda sudah bunda lakukan barusan✅✅π
Selamat Bunda, semoga kita tergolong orangtua yang memfasilitasi ananda sesuai unik dirinya, bukan orangtua yang menitipkan impiannya pada anak2 π₯
πBunda, namun untuk mendapatkan hasil observasi yang objektif dibutuhkan observasi yang berkelanjutan, disertai rasa ajeg (konsisten) agar dapat kita amati secara utuh dan penuh setiap sikap khas unik darinya,
π Mengamati sekali tempo bisa jadi hasilnya akan bias
πMaka Bunda perlu amati secara berkelanjutan, lanjutkan catatan yang sudah Bunda tulis tadi π
πSekali tempo ajak ananda berbicara berdua, mendiskusikan dan mengkonfirmasi hasil observasi yang telah Bunda lakukan (tentu saja hal ini bisa dilakukan ketika ananda sudah bisa berkomunikasi 2 arah)
πSelain bersama ananda, kita juga perlu membicarakannya bersama pasangan #dengan catatan: bahasa bakat yang Bunda dan Ayah gunakan sama alias satu 'mahzab'
SETELAH MENGOBSERVASI DARI 34 TEMA BAKAT, TAHAPAN BERIKUTNYA APA LAGI?
Setelah unik diri ananda ini kita dapat secara objektif melalui beberapa tahapan, maka kita akan mudah membantu ananda menentukan peran apa yang akan digeluti dengan komponen unik diri seperti ini, selain itu Ayah dan Bunda pun akan lebih mudah menemukan aktivitas-aktivitas yang akan menguatkan sisi unik ananda
πππini kegiatan seru sekali, merancang bersama hal-hal yang memang disuka ananda, dan inshaaAllah jika kita benar mengelolanya maka itu akan menjadi misi (panggilan) spesifik hidupnya
Peka Lebih Cepat, Observasi Dengan Tepat
Peka dan ajeg mengobservasi sejak ia berusia 1tahun
Mengobservasi dengan tepat, tidak subjektif dan hanya asumsi belaka, maka di sini butuh penggunaan bahasa bakat yang sama antara Ayah dan Bunda π
Selanjutnya, butuh beberapa tahapan dalam mengobservasi unik diri ananda
APA SAJA TAHAPAN-TAHAPAN tsb?
▶Yaitu engage-observe-watch listen-write
Senang menjadi penanggungjawab dan orang lain kadang melihatnya sebagai seseorang yang 'suka mendesak/memaksa'
Siapa yang anandanya suka begitu? silahkan tulis command di kertasnya masing2
2. Activator
Tidak sabar bertindak
Siapa yang anandanya demikian? jika iya, silahkan tulis activator di kertas masing-masing
3. Competition
Senang membandingkan kemajuannya dengan orang lain, menjadikan segalanya kompetisi dan selalu berusaha menjadi nomor satu
Siapa yang anandanya begitu? silahkan tulis competition jika bunda merasa ananda demikian
4. Maximizer ➕
Perfeksionis dalam hal hasil
Siapa yang anandanya suka demikian? silahkan tulis maximizer
5. Significance
Senang menjadi pusat perhatian, dikenal, didengar, diakui, serta dihargai banyak orang atas keunikan atau keistimewaan yang dimilikinya
Ayo siapa yang anandanya suka begitu? silahkan ditulis significance
6. Self-Assurance π
Memiliki intuisi yang kuat, bahwa keputusan-keputusan yang dibuat merupakan keputusan yang benar
Ada yang anandanya suka begini? silahkan catat self-assurance
7. Communication π¬
Mudah sekali mengungkapkan apa yang dipikirkannya melalui kata2 atau tulisan yang mudah dimengerti orang lain.
Adakah yang anandanya suka demikian Bund? monggo silahkan dicatat communication
8. WOO (Winning Others Over) π
Senang akan tantangan untuk bertemu dengan orang baru atau orang yang belum dikenal sebelumnya
Siapa yang anaknya suka begitu? monggo dicatat WOO
9. Positivity π
Memiliki antusiasme tinggi yang dapat 'menular' dan optimisme yang dapat membuat orang lain bersemangat atas apa yang akan dilakukannya.
Siapa yang anaknya suka demikian? silahkan dicatat positivity
10. Developer π£
Senang mengenali dan menggali potensi yang terdapat pada diri orang lain dan mendapatkan kepuasan dari setiap kemajuan masing2 individu.
Ada yang ananknya suka demikian? silahkan dicatat developer
11. Relator
Menikmati hubungan yang dekat atau erat dengan orang lain secara pribadi dan menemukan kepuasan mendalam dalam bekerja keras dengan teman2nya untuk mencapai tujuan.
Siapa yang anandanya suka begitu? silahkan dicatat relator
12. Includer π¨π©π§π¦
Senang berkumpul, guyub
Siapa yang anaknya suka begitu? biasanya julukannya 'ga ada loe ga rame' catat includer yaa
13. Harmony
Dapat berkerja sama secara baik dengan orang lain
Siapa yang anandanya suka begitu? catat harmony yes
14. Adaptability πΎ
Mudah menyesuaikan diri
Siapa yang ananda demikian? catat adaptability ya
15. Individualization
Mampu melihat karakter kinerja orang per orang
Ada yang anaknya suka demikian? Catat individualization ya
16. Connectedness π
Kesalingterkaitan, yakin bahwa semua yang ada di dunia ini ada sebabnya
Ada yang anaknya suka mengait-ngaitkan? catat connectedness ya
17. Empathyπ
Mampu merasakan perasaan orang lain di sekitarnya seolah olah mengalaminya sendiri
Ada yang anaknya suka demikian? catat empathy yes
18. Futuristic π
Senang membayangkan apa yang mungkin terjadi di masa mendatang
Apa ada yang anaknya suka demikian? catat futuristic ya
19. Strategic
Pandai memilih jalan terbaik menuju tujuan
Ada yang anaknya suka demikian? catat strategic yes
20. Ideation π‘
Banyak memiliki ide-ide baru
Siapa yang anaknya suka demikian? catat ideation yes
21. Analytical
Mencari hubungan sebab akibat, hanya percaya pada data dan angka
Siapa yang anandanya suka demikian? catat analytical yes
22. Learner π
Senang mempelajari sesuati, dan selalu tertarik lebih terhadap proses mempelajari sesuatu dibandingkan bidang, materi, atau hasil pembelajaran tersebut
Ada yang anaknya suka demikian? catat learner ya
23. Input π
Senang mengumpulkan dan mengoleksi sesuatu, serta mengarsip segala macam informasi
Ada yang anandanya demikian? catat input yes
24. Context π°
Menikmati mempelajari sesuatu melalui riset dan studi tentang masa lalu
Ada yang anaknya suka demikian? catat context yah kalau iyes
25. Restorative
Pemulih, senang memperbaiki kepada fungsi semula
Ada yang anandanya suka demikian? catat restorative yes
26. Deliberative
Teliti, waspada, hati2 sebelum melompat
Ada yang anandanya demikian? catat deliberative yes
27. Arranger π
Suka menata, mengorganisir, dan mengatur sesuatu
Ada yang anaknya suka demikian? catat arranger yes
28. Discipline
Senang berada dalam kondisi atau situasi yang teratur, terstruktur, terencana, memiliki sistem dan prosedur
Ada yang anandanya suka demikian? catat discipline yes
29. Consistency ⚖
Adil, sesuai dengan aturan
Ada yang anaknya suka demikian? catat consistency yes
30. Fokus π
Butuh sasaran sebelum bekerja, dan tidak suka diganggu ketika bekerja
Ada yang anaknya demikian? catat fokus ya pada kertas masing2
31. Achiever
Memiliki stamina yang tinggi dan selalu bekerja keras
Ada yang anaknya demikian? catat achiever yes
32. Intellection
Suka dengan olah pikir, dan berfikir mendalam
Ada yang anaknya suka begitu? catat intellection yes
33. Responsibility
Kalau sudah janji pasti ditunaikan, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas komitmen yang telah dibuat baik besar ataupun kecil, dan merasa terikat secara emosional untuk memenuhi atau menjalaninya hingga selesai
Ada yang anandanya suka begitu? catat responsibility yaa
34. Belief
Suka melayani dan mendahulukan orang lain
Ada yang anaknya suka demikian? catat belief yaa pada kertas masing2
Alhamdulillah, selesai juga 34 tema bakat saya share 1 per satu π
π Mengobservasi unik diri ananda sudah bunda lakukan barusan✅✅π
Selamat Bunda, semoga kita tergolong orangtua yang memfasilitasi ananda sesuai unik dirinya, bukan orangtua yang menitipkan impiannya pada anak2 π₯
πBunda, namun untuk mendapatkan hasil observasi yang objektif dibutuhkan observasi yang berkelanjutan, disertai rasa ajeg (konsisten) agar dapat kita amati secara utuh dan penuh setiap sikap khas unik darinya,
π Mengamati sekali tempo bisa jadi hasilnya akan bias
πMaka Bunda perlu amati secara berkelanjutan, lanjutkan catatan yang sudah Bunda tulis tadi π
πSekali tempo ajak ananda berbicara berdua, mendiskusikan dan mengkonfirmasi hasil observasi yang telah Bunda lakukan (tentu saja hal ini bisa dilakukan ketika ananda sudah bisa berkomunikasi 2 arah)
πSelain bersama ananda, kita juga perlu membicarakannya bersama pasangan #dengan catatan: bahasa bakat yang Bunda dan Ayah gunakan sama alias satu 'mahzab'
SETELAH MENGOBSERVASI DARI 34 TEMA BAKAT, TAHAPAN BERIKUTNYA APA LAGI?
Setelah unik diri ananda ini kita dapat secara objektif melalui beberapa tahapan, maka kita akan mudah membantu ananda menentukan peran apa yang akan digeluti dengan komponen unik diri seperti ini, selain itu Ayah dan Bunda pun akan lebih mudah menemukan aktivitas-aktivitas yang akan menguatkan sisi unik ananda
πππini kegiatan seru sekali, merancang bersama hal-hal yang memang disuka ananda, dan inshaaAllah jika kita benar mengelolanya maka itu akan menjadi misi (panggilan) spesifik hidupnya
Peka Lebih Cepat, Observasi Dengan Tepat
Peka dan ajeg mengobservasi sejak ia berusia 1tahun
Mengobservasi dengan tepat, tidak subjektif dan hanya asumsi belaka, maka di sini butuh penggunaan bahasa bakat yang sama antara Ayah dan Bunda π
Selanjutnya, butuh beberapa tahapan dalam mengobservasi unik diri ananda
APA SAJA TAHAPAN-TAHAPAN tsb?
▶Yaitu engage-observe-watch listen-write
0 comments:
Post a Comment