Wednesday, April 11, 2018

Cemilan Rabu Ke-3 | Kelas Bunda Sayang Level ke-6: "Have Fun with Mathematics"

πŸ‰ Cemilan Rabu ke - 3 πŸ‰
Materi Kelas Bunda Sayang Level ke-6:  Have Fun with Mathematics
Rabu, 11 April 2018

Di samping kemampuan membaca, ketrampilan berhitung adalah salah satu ketrampilan dasar yang perlu dikuasai oleh anak-anak kita. Bila ketrampilan membaca dapat memperluas cakrawala anak-anak kita, maka berhitung juga memiliki banyak manfaat, diantaranya:
πŸ’ Anak dapat lebih memahami alam semesta dan hukum-hukum yang berlaku di dalamnya.
πŸ’ Anak dapat membuat rancangan dan konstruksi dengan benar
πŸ’ Anak dapat berlaku adil.
πŸ’ Bisa berbelanja dengan benar dan tidak mudah ditipu.

Menyiapkan Anak Belajar Matematika
Kegiatan yang bisa dilakukan agar anak siap belajar matematika diantaranya:
πŸ”° Mengelompokkan benda menurut sifat dan bentuknya.
πŸ”° Mengenal jumlah anggota benda.
πŸ”° Menghitung benda.
πŸ”° Menebak angka.
πŸ”° Menulis angka 0-10 dengan urutan yang benar.
πŸ”° Mengukur dan membelah.
πŸ”° Mengurutkan benda dari yang besar ke yang kecil.
πŸ”° Menyusun kepingan puzzle.

Mulai dari yang Konkret ke yang Abstrak
Yang dimaksud secara konkret adalah anak masih menjumlah dengan benda dan simbol. Sedangkan, secara abstrak adalah dengan menggantikan benda dan simbol tadi ke dalam bentuk angka.
Contoh:
Konkret: πŸ₯πŸ₯πŸ₯ + πŸ₯πŸ₯ = 5
Abstrak:        3      +    2     = 5

Matematika yang Seimbang
Biarkan anak mengaitkan ketrampilannya dalam berbagai situasi yang berbeda. Sebagai contoh, gunakanlah angka dalam sebuah cerita. Hal tersebut akan membuat angka dan maknanya menjadi lebih berarti bagi anak-anak. Bawalah si kecil bertualang di dunia angka lewat dongeng-dongeng yang menarik sehingga terkesan lebih luwes dan santai baginya.
Cobalah membuka cerita dengan,
πŸŒ…πŸ₯🌳 “Pada suatu hari, ada seekor burung cantik yang bertengger sendiri di dalam sarangnya yang kosong.”πŸ₯šπŸŒ³ “Suatu pagi, burung itu melihat sarangnya dan terkejut ketika melihat sebutir telur kecil di antara ranting-rantingnya.”
πŸ₯š=☝Saat yang sama, angkat satu jari Anda untuk menunjukkan sebutir telur tadi dan angka 1. Atau, gambarlah sebuah sarang yang berisi sebutir telur.

πŸŒ…πŸ₯🌳 “Pagi berikutnya, burung itu melihat ke sarangnya lagi. Ia lebih terkejut, karena melihat ada satu telur lagi di sana. Dia menghitung telur itu, ‘Satu, dua.”
πŸ₯š+πŸ₯š=✌ Saat membacakannya, Anda angkat dua jari, atau tambahkan gambar sebutir telur di sarang burung.
πŸ₯šπŸ₯šπŸ₯šπŸ₯šπŸ₯š=πŸ– Lanjutkan cerita itu hingga si burung mempunyai lima butir telur di sarangnya. Saat tersebut, angkatlah lima jari, atau menggambar lima butir telur di sarangnya.

Apakah manfaatnya?
☘ Anak akan lebih mudah menyerap pemahaman tentang angka secara konkret dan menyenangkan
☘ Imajinasi anak tentang angka pun akan terasah

Adakah alternatif lain?
πŸ’«​ Mintalah anak untuk mengarang cerita sendiri. Sejauh mana ia bisa memahami konsep angka?
πŸ’«​ Gantilah dongeng itu dengan mencipta nyanyian bersama. Ini akan menambah referensi anak untuk mengenal angka.
πŸ’«​ Cari video atau film anak yang mengenalkan konsep angka.

Selamat bersenang-senang 🌻

" Membuat anak BISA itu mudah, membuatnya SUKA baru tantangan "

Sumber Referensi:
Aziz, Rini Utami. Jangan Biarkan Anak Kita Berkesulitan Belajar. cet-1. Solo 2006. Tiga Serangkai.
Kusuma, Retno. Setiap Anak Berhak Menjadi Jenius. Ed. Muhamad Ilyasa, cet-1, Jakarta 2015. Bestari.
Setyowati, Holy. Aku Anak Cerdas. Jakarta 2014. Elex Media Komputindo.

0 comments:

Post a Comment