Tuesday, April 10, 2018

"Memahami matematika sederhana dalam jual beli"

Ketika tiba di Bus Interchange untuk pergi ke sekolah ngaji, Agatha bilang minta ijin kepada saya untuk membeli Green Tea. "Ma, aku haus aku boleh beli green tea ga?" "okelah kataku, tapi sharing Mama ya, ga boleh banyak-banyak.." Lalu saya memberikan Agatha uang $2 SGD (Singapore Dollar). Saya biarkan dia mengambil Green Tea sendiri lalu membayarnya dan menerima kembalian dari Uncle nya. Setelah itu saya tanya untuk mengetes ingatannya:
Mama: "tadi terima uang dari Mama berapa tha?"
Agatha: "$2 (dollar) ma.."
Mama: "Berapa sisa ditangan Agatha"?
Agatha: "20 + 10 ma" (maksudnya 20 cents + 10 cents)
Mama: "jadi total sisanya berapa?"
Agatha: "30" (maksudnya 30 cents)
Setidaknya dia tau berapa sisanya, meski dia belum memahami berapa harga sebotol green tea tersebut hehehe.. Sejauh ini Agatha baru sampai pada bagian matematika sederhana tambah dan kurang dengan bilangan serta memahami soal cerita tentang penambahan dan pengurangan. Bismillah pelan-pelan semoga makin baik pemahamannya.

#HariKe-12
#GameLevel6
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#ILoveMath
#MathAroundUs

0 comments:

Post a Comment