Tuesday, April 17, 2018

Cemilan Rabu Ke-4 | Kelas Bunda Sayang Level ke-6: "Matematika kata Ahli "

📕 Cemilan Rabu ke - 4 📕
Materi Kelas Bunda Sayang Level ke-6: Matematika kata Ahli 
Rabu, 17 April 2018

Yuk berkenalan dengan beberapa metode belajar matematika yang terkenal efektif dan mudah yang ditemukan oleh para ahli. 

🍩 Metode Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan)
Ditemukan oleh Prof. Dr. Yohanes Surya, beliau adalah pakar yang telah membimbing para siswa Indonesia menjuarai olimpiade matematika dan sains tingkat dunia. Sebelum mengerjakan soal matematika, terlebih dahulu anak harus memahami konsep dasar matematika. Pemahaman konsep dilakukan secara bertahap, sehingga mampu memahami hubungan antara 1 konsep dan lainnya. Ciri khas metode ini adalah dengan cara mencongak, yang diawali dari 2 digit, 3 digit, 4 digit, dan seterusnya. 

🍮 Metode Kumon
Ditemukan oleh seorang guru matematika asal Jepang, Toru Kumon. Dalam metode ini, level awal setiap anak berbeda, level ditentukan oleh materi yang dapat dikerjakan dengan mudah dan tanpa kesalahan. Dalam proses pembelajarannya, setiap anak akan diberikan lembar kerja yang disusun secara sistematis, cermat, dan small steps, disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak, dan terus meningkat. 

🍧 Metode Sempoa (Mental aritmatika)
Sempoa adalah alat hitung kuno yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik yang bisa digeser.  Mental aritmatika menekankan pada penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada awalnya, anak akan menggunakan sempoa sebagai alat bantu, namun lambat laun anak akan terbiasa menghitung tanpa menggunakan sempoa/ alat bantu.  Manfaat menggunakan sempoa antara lain : merangsang potensi otak anak sehingga dapat berkembang dan mencapai fungsi yang maksimal, melatih daya imajinasi dan kreativitas, melatih daya logika dan sistematika berpikir,  melatih daya konsentrasi dan daya ingat, serta meningkatkan ketelitian dalam berpikir.

🍶 Metode Mathemagics
Dirancang dan dikembangkan oleh Ariesandi Setyono, yang fokus pada pemahaman anak akan konsep matematika yang benar. Dalam proses pembelajarannya menggunakan permainan sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan, hati gembira dan kesan mendalam. Mathemagics mengajarkan metode aljabar, konsep dasar berhitung dengan memperhatikan aspek psikologis anak, sehingga mampu mengakomodasi gaya belajar mereka masing-masing.

🍙 Metode Jaritmatika
Dikembangkan oleh Septi Peni Wulandani. Metode ini menggunakan jari tangan sebagai alat bantu berhitung. Dengan jari tangan, anak mampu melakukan operasi KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang) dari yang sederhana hingga ribuan. Metode ini menggunakan beberapa kaidah, diantaranya : dimulai dengan memahami konsep bilangan, lambing bilangan, dan operasi hitung dasar; dilanjutkan dengan menghitung menggunakan jari-jari tangan. Semua prosesnya diawali, dilakukan, dan diakhiri dengan gembira. 

Selain beberapa metode di atas, ada juga beberapa metode yang bisa digunakan, diantaranya : 
Ceramah, Eskpositori (guru sebagai fasilitator), Demonstrasi, Latihan hafal ( drill), latihan praktek ( practice) , tanya jawab, diskusi, permainan, laboratorium, dan tentu saja berbagai aplikasi penunjang yang ada di gawai atau website.

Referensi: 

0 comments:

Post a Comment