Saturday, September 30, 2017

Tips dan Trik Mengikat Makna Untuk Menemukan Keunikan Ananda

*Prolog*
*Tips dan Trik Mengikat Makna Untuk Menemukan Keunikan Ananda* 
Oleh: Risa Ferina

(Disampaikan pada Kuliah WhatsApp #CPSWU, 30 September 2017)

Setiap manusia tercipta sebagai makhluk yang unik.Hal ini berarti pula bahwa tiap anak-anak kita juga unik.Saat ini sudah banyak para ibu yang memahami hal ini.Tetapi sudahkah menemukan dan merangkai keunikan masing-masing anak?lalu bagaimana cara menemukan keunikan itu?

Untuk menemukan keunikan anak yang bisa kita lakukan adalah:

🍏 pertama kita harus bersedia untuk membersamai mereka. Membersamai disini bukan berarti kita hadir secara fisik saja.Melainkan kita harus hadir sepenuh hati.Saat bersama anak,disitulah pikiran,batin dan raga kita berada.

🍏 Lalu kita harus mampu mengobservasi (mengamati).Kita amati segala hal yang dilakukan oleh anak-anak.

🍏 Yang selanjutnya kita harus mampu mendengarkan apa yang disampaikan oleh anak-anak.Disini kita harus mampu menjadi pendengar yang baik.

Setelah kita mampu melakukan hal2 diatas dengan baik maka kita nanti akan dibuat terkagum-kagum oleh anak-anak.Banyak hal yang mampu mereka lakukan yang tak pernah terpikirkan oleh kita sama sekali.Lalu setelah menemukan segala keunikan ananda apakah yang harus kita kerjakan?jawabannya adalah tulis,tulis dan tulislah segala hal yang kita temukan tadi.Mungkin besok atau besok lusa kita masih ingat dengan apa yang kita temukan hari ini.Tapi minggu depan,bulan depan atau tahun depan masih ingatkah kita?Nah disaat kita tak mampu mengingatnya maka biarkan tulisan yang akan mengingatkan kita.

Menulis sebuah kata yang mudah diucapkan tetapi butuh komitmen tinggi agar bisa konsisten melakukannya.Karena konsisten inilah yang sangat dibutuhkan.Berikut ini beberapa tips agar bisa konsisten menulis,dalam hal ini mengikat makna dari segala hal yang dilakukan oleh ananda

🍒 Hadir sepenuh hati saat membersamai ananda
Saat bersama anak hadirkan pikiran,batin dan raga kita.Letakkan gadget jauh-jauh.Dan juga saat membersamainya usahakan letakkan segala urusan pribadi kita sehingga fokus hanya pada ananda.

🍒 Temukan dan terima setiap sisi unik ananda
Untuk bisa menemukan sisi unik ananda maka kita harus mampu berempati padanya.Karena terkadang sisi unik ini dianggap sebagai sikap yang kurang baik bagi orang dewasa.Misalnya ada anak yang sangat hati-hati dan waspada dengan segala hal yang akan dilakukannya,banyak orang yang menganggapnya sebagai anak penakut.Padahal si anak ini mempunyai bakat deliberative(bahasa bakat Talents Maping dari Abah Rama)

🍒 Gunakan bahasa bakat yang sama dengan suami(atau keluarga yang juga sering bersama ananda)
Ini untuk memudahkan kita saat ananda tidak bersama kita.

🍒 Gunakan buku bantu (buku catatan kecil)
Setiap menemukan sisi unik ananda langsung catat point utamanya di buku bantu ini.Yang mana point2 yang sudah kita temukan ini akan memudahkan kita dalam menuliskannya di media utama.

🍒 Saat punya waktu segera ikat segala keunikan ananda kedalam tulisan
Segera tulis segala temuan yang sudah tersaji di buku bantu.Karena kalau sudah menumpuk rasa malas kemungkinan besar akan datang.Kalau hal ini terjadi,eman-eman banget segala temuan tadi pasti akan terlupakan.

🍒 Gunakan media pengikat makna yang paling nyaman bagi kita
Pilihlah media yang nyaman dan memudahkan.Kalau kita sudah merasa nyaman dengan media yang kita pilih insyaallah mampu mengalahkan rasa malas yang sering datang.
Kita gunakan media yang ada disekitar kita.Mau digital,ada banyak macamnya.Mau manual juga boleh banget.Untuk manual di buku tulis,kita harus cari buku yang kualitasnya bagus dan sampulnya tebal.

Untuk lebih jelasnya, resume yang berisikan tanya jawab bersama Bunda Risa dapat di baca di:

0 comments:

Post a Comment