Thursday, July 27, 2017

Misi Hidup Dan Produktivitas

NICE HOMEWORK #8 - MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS
Institut Ibu Profesional Matrikulasi Batch #4 Luar Negeri
oleh: Dede Rahmadhany

Alhamdulillah, ditengah kesibukan menemani anak untuk mempersiapkan masuk Madrasah yang membutuhkan tenaga dan pikiran, akhirnya bisa berjumpa lagi dengan NHW#8. Saya berusaha membuat semua NHW dengan sepenuh hati dan tetap komit dari awal hingga akhir. Ditambah melalui IIP ini saya makin merasakan bahwa begitu banyak hal positif dan rezeki yang Allah berikan kepada saya, salah satunya yaitu bertemu dengan Ibu-ibu dan calon Ibu yang hebat dari seluruh belahan dunia. Ini merupakan pengalaman yang berharga ketika kami disatukan dalam sebuah Kuliah Online yang diikuti oleh para Ibu dari Belahan Asia, Eropa, Amerika bahkan Australia dengan satu tujuan yang sama, untuk menjadi pembaharu bagi keluarga masing-masing, untuk menjadi sosok Ibu Profesional kebanggan keluarga. In shaa Allah
Melalui judul ini pula saya ingin sebenar-benarnya menyadari juga berusaha menjalankan “Misi Hidup dan Produktivitas” diri saya sebagai 100% full time Mother bagi buah hati saya. Pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini saya akan lebih menggali dan berusaha bagaimana menerapkannya secara teknis.

a. Saya akan mengambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah saya tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7) yaitu: 
Ngeblog (dalam arti kata menjadi Blogger sesungguhnya)
Sejak kuliah saya sudah mulai membuat Blog dan sampai hari ini saya sudah mempunyai 6 Blog, yang tersebar diberbagai layanan gratis seperti Blogspot, Wordpress, Multiply (closing on 31 May 2013), Tumblr dan Posterous (shutting down the service on 30 April 2013) yang mati suri dikarenakan sudah terlalu disibukkan dan difokuskan dalam menjalankan peran sebagai Ibu Rumah Tangga (alasan) hehehe..

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa? (BE)
Blogger
2. Kita ingin melakukan apa? (DO)
Menulis kembali Blog yang sudah saya rencakan dan ingin saya susun. Mengupdate tentang aktivitas dan perjalanan Agatha dalam kegiatan outdoor sejak dia masih bayi. Saya akan membagi kisah aktivitas Outdoor Agatha keliling Singapore sambil mengunjungi berbagai tempat bermain, tempat bersejarah, tempat wisata, museum, tempat ibadah, dll.
Saya ingin merangkum perjalanan ini dalam sebuah Blog yang tidak hanya berisi kegiatan dan keceriaan Agatha dalam aktivitas outdoornya namun sekaligus akan menguraikan secara rinci tempat-tempat yang dia kunjungi beserta sejarahnya, alamat, informasi website, route menuju tempat yang dikunjungi, dan lain sebagainya.
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Yang saya ingin miliki terhadap apa yang saya lakukan ini adalah Memory. Ya harapan saya, Blog ini suatu hari nanti  akan menjadi lembaran kenangan anak saya sejak dia lahir hingga besar nanti. Bagaimana sebuah kenangan mampu menceritakan kisah yang panjang, bagaimana sebuah foto dapat membuka sebuah kenangan-kenangan terbaik bersama buah hati saya. Bagaimana suatu hari nanti Agatha mampu memaknai hidup, mengenang momen-momen berharga yang pernah dia lewati bersama saya. Bagaimana menjadikan Blog ini sebagai sesuatu yang bermanfaat yang juga dapat dinikmati oleh orang lain yang murni membutuhkan informasi tentang segala macam kegiatan outdoor secara lebih rinci dan lebih dekat seperti yang putra saya lakukan.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita  (lifetime purpose).
  • Menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur dan berprasangka baik kepada Yang Maha Kuasa. Dan segala harapan-harapan yang tertulis dari saya, suami serta anak-anak kami kelak diberi kemudahan serta pencapaian yang maksimal dengan izin-Nya. 
  • Hal yang ingin saya capai juga tentu salah satunya adalah menjadi Istri yang sholehah sekaligus Ibu kebanggan bagi putra-putri saya kelak. Dengan harapan dan pemaknaan bahwa saya selalu berada disisinya menemani tumbuh kembangnya serta menjadi satu-satunya tempat terbaik untuk berbagi kisah kehidupan.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan).
  • Menyatukan pikiran dan memantapkan hati saya serta suami untuk memilih negara mana yang paling cocok untuk selanjutnya menjadi tempat tinggal kami hingga anak-anak besar nanti. Anak-anak mendapatkan tempat yang nyaman untuk beribadah, bermain, beraktivitas dan bersekolah. Suami mendapatkan kenyamanan dan ketenangan dalam bekerja tanpa melupakan kewajiban terhadap keluarga dan Sang Pencipta.
  • Pergi Umroh atau berhaji.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (New Year Resolution).
  • Dalam satu tahun kedepan sejak mulai saya memilih salah satu Kuadran ini adalah tercapainya misi saya untuk mulai menyusun dan me-launching Blog ini hingga seterusnya berjalan seperti yang saya harapakan. In shaa Allah
  • Memotivasi dan membantu putra saya dalam persiapan menuju test Madrasah.
  • Secara aktif akan terus belajar atau mengambil tuition untuk mengikuti apa yang dipelajari dan disenangi oleh anak sehingga mampu menuntun, membantu dan memberikan arahan terbaik demi hasil yang maksimal.

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Tulisan ini juga dapat dibaca dalam bentuk PDF File pada link berikut: http://bit.ly/NHW8-MisiHidupDanProduktivitas

0 comments:

Post a Comment