Friday, March 02, 2018

"Apa misi membaca mu?"

Hari ini Agatha yang memilih buku yang dia mau baca bersama saya, dia memilih Buku "Koleksi Siri Rakan Rimba" nahhh kebetulan sekali saya memang punya misi agar Agatha semakin lancar membaca buku bahasa melayu. Karena ini sebagai salah satu bidang studi yang akan di ujian kan ketika mengikuti primary entrance test di Madrasah April besok (huhuhu... tinggal 1 bulan lagi). Buku ini terdiri dari beberapa kumpulan cerita yang mengisahkan kehidupan sekumpulan hewan di hutan dalam satu komunitas. Yang mana setiap isi dari cerita menampilkan kisah yang memberi pelajaran positif bagi anak-anak yang membacanya. Tentunya dalam buku ini terdapat pengucapan beberapa kosakata melayu yang selain dibaca harus dicari tahu artinya. Sehingga bisa mengerti isi dari kalimat perkalimatnya.
Malam ini Agatha mulai dari Bab 1 dengan judul "Akibat Curi Tulang". Diceritakan persahabatan sang kancil, sang monyet. sang beruang, sang tupai dan sang gajah bersahabat baik. Mereka tinggal didalam hutan yang sama. Hanya saja diantara mereka sang tupai dan sang monyet adalah dua sekawan yang sedikit mempunyai sifat yang licik, mereka sering berpura-pura sakit bila tiba waktunya pergi mencari makan, mereka bermalas-balasan, sementara teman-teman mereka yang lain bersusah payah mendapatkan makanan. Namun teman-teman mereka selalu percaya kalau keduanya memang sedang sakit.
Dan bila sang gajah, sang kancil dan sang beruang sudah pulang membawa makanan, sang tupai dan sang monyet ikut makan sepuasnya tanpa perlu bersusah payah mencari makan. Namun pada akhirnya mereka berdua kena getahnya. Ketika sedang asyik tidur, datang sang ular sawah dan sang harimau yang siap memangsa mereka. Yang pada akhirnya mereka ditolong kembali oleh sang gajah dan sang beruang. Cuma memang ketika membaca cerita ini kepada Agatha, saya agak sedikit bingung menemukan korelasi antara mencuri tulang dengan berpura-pura sakit. Karena sama sekali tidak diceritakan kapan sang monyet dan sang tupai mencuri tulangnya hehehe..
Pesan Moral dari cerita ini adalah: Jangan menipu teman-teman yang sudah memberikan kepercayaan kepada kita"

#HariKe-2
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

0 comments:

Post a Comment