Monday, March 12, 2018

"HOUSES by Indonesian Archietcts"

Ketika saya menanyakan diantara puluhan buku Arsitek yang pernah bapak sumi baca, buku mana yang paling beliau sukai. Beliau langsung mengambil salah satu buku arsitek di bookshelves kami. Judulnya "HOUSES by Indonesian Archietcts"
Tan Tik Lam Architect
"Ini loh hunn.. aku suka buku ini.. gitu katanya.." Saya tanya: alasan nya apa pah?" "Ya suka ajah.. Arsitek-arsitek Indonesia itu bagus-bagus.. dan ada salah satu rumah yang aku suka di buku ini.". Lalu beliau menunjukkan kepada saya.. "aku suka rumah yang berada di Hegarmanah Bandung ini, rumah ini di design oleh architect Mr. Tan Tik Lam. Bapak Suami lalu menjelaskan bahwa konsep rumah ini lebih kepada tingginya privasi yang diinginkan oleh sang pemilik rumah. Selain privasi rumah ini memiliki interaksi dengan potensi alam dan lingkungan, selayaknya rumah peristirahatan. Privasi dan interaksi dengan alam ini lah yang kemudian di terapkan untuk menghadirkan nuansa rumah peristirahatan yang sederhana. Sang Arsitek merancang halaman belakang sebagai pusat orientasi didalam bangunan. Nikmatnya bersentuhan dengan alam membuat sang pemilik rumah lebih banyak menghabiskan waktu di teras dalam dibandingkan di dalam ruangannya. 
Dan satu hal lagi yang paling Bapak suami suka, yaitu adanya halaman belakang rumah yang cukup luas. Cita-cita kami berdua pun bila pulang ke Indonesia tentunya mampu mempunyai rumah sendiri dan mempunyai halaman belakang dan depan yang luas. Pokonya tidak perlu rumah yang besar asal halaman depan dan belakang nya luas hahaha... 
Tan Tik Lam Architect
Untuk ide rumah tipe ini kami cukup punya pandangan yang sama. Selama mengerjakan proyek baik rumah, kantor, sekolah, hotel, apartemen, pabrik, dll, Bapak suami sering bercerita kepada saya bila beliau sedang mengerjakan proyek yang dimana halaman, atau bagian hijau dari bangunan lebih banyak. Dia sering bilang gini: "liat deh hunn, rumahnya pasti kamu suka, nuansa alam, hijau, teduh namun rumah tetap terlihat nyaman dan mendapatkan sinar matahari yang cukup itu asik!!"katanya. Dan rumah bikinan Mr. Tan Tik Lam ini adalah salah satu yang paling aku sukai" lanjutnya... Dalam pikiran saya, wah ternyata seorang arsitek pasti punya sosok idola dalam bidang yang sama juga ya.. (ya iyalah ya..) hehehe..
Semoga suatu hari nanti kami bisa mempunyai rumah perisitrahatan kecil yang mempunyai halaman yang luas seperti ini, in shaa Allah.

#HariKe-12
#PapaReading
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

0 comments:

Post a Comment