Tuesday, January 16, 2018

"Berempati kepada orang lain"

Project kebaikan masih berlanjut di hari kedua. Tadi setelah Magrib saya mengajak Agatha pergi ke supermarket terdekat sekalian bertemu dengan Bapaknya untuk membeli beberapa groceries. Ketika keluar pintu rumah, Agatha terlihat happy, ohh.. ternyata dia sedang bercakap-cakap dengan anak lelaki tetangga sebelah kanan rumah. Setelah pada materi komunikasi produktif saya pernah menceritakan tentang tetangga kami yang sebelah kiri. Malam ini saya akan menceritakan sedikit  tentang tetangga yang berada di sisi kanan apartemen kami. Keluarga kecil sebelah kanan rumah kami ini sama halnya seperti keluarga kecil kami. Terdiri dari seorang Ama, Apa dan si anak lelaki. Anak lelaki ini berusia sekitar 2 tahun. Tepatnya saya tidak tahu. Saya tidak cukup mengenal keluarga kecil ini. Bahkan nama mereka pun saya ga tahu hehehe.. Keluarga ini cukup unik. Selepas subuh Suami berangkat bekerja, dan tidak lama pukul 6 pagi sang istri menyusul pergi bekerja sambil memboyong anak semata wayang mereka untuk di titipkan ke Child Care terdekat. Dan biasanya kami akan bertemu lagi pada malam hari antara pukul 7-9 malam, ntah papasan di lift atau di koridor menuju apartemen masing-masing. Jadi dapat dibayangkan anak sekecil itu sejak pagi sudah berangkat dari rumah dan akan kembali sore hari pukul 7 untuk bisa berjumpa kembali dengan kedua orang tuanya. Si anak kecil tadi bila sudah masuk rumah tidak pernah keluar lagi. Pintu akan terbuka tapi teralis rumah akan terkunci sehingga dia tidak dapat pergi keluar. Dan Agatha tiap melihat dia dari luar selalu memanggil ataupun hanya sekedar say hello.. Dan si anak kecil itu sangat antusias bila di sapa. Saya rasa dia kesepian. Bila saya  dan Agatha mau pergi ataupun pulang dari luar rumah, kami melihat si anak kecil ini sering bermain sendiri di depan TV tanpa ada yg menemani. Orang tuanya ntah dimana. Hmm.. Tapi mungkin itu hanya pemngamatan sekilas saya saja. 
Balik ke cerita tadi ketika Agatha mengajak anak kecil itu mengobrol. Mereka membicarakan tentang toys dan si anak kecil itu menunjukkan beberapa toys yang dia punyai kepada Agatha. Namun Agatha pun tidak dapat mengobrol terlalu lama dari balik pagar itu, karena kami harus segera pergi ke supermarket. Didalam lift Agatha tiba-tiba bicara "kasihan ya adek ma.. dia ga punya friend.."  Huft.. saya cuma bisa tersenyum, dan menjawab "ya kalau ketemu lagi diajak ngobrol ya.." Agatha cuma menganggukkan kepalanya. Dan setelah kami pulang dari supermarket, anak kecil itu masih disana, mungkin dia menunggu Agatha kembali, dan Agatha melanjutkan obrolan mereka yang terhenti tadi. Dan segera berpamitan setelah saya masuk ke dalam apartemen kami. Mungkin tanpa saya sadari selama ini Agatha mengamati si anak kecil tetangga sebelah rumah ini. Hari ini tanpa dia sadari saya mencatat satu kebaikan lagi yang Agatha pikirkan dan lakukan. Good Job My Boy

#Tantangan_Hari_Ke-13
#KelasBunsayIIP3
#Game_Level_3
#Kami_Bisa
#MyFamilyMyTeam
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP

0 comments:

Post a Comment