Tuesday, October 23, 2018

Kunjungan singkat keluarga Semarang ke Singapura

Sudah lama sekali saya tidak menulis cerita tentang kehidupan di Singapura ini. Sejak kelas Bunda Sayang aktif, maka blog ini-pun beralih fungsi sebagai wadah untuk menuangkan tantangan 10 hari kelas Bunda Sayang. Qadarullah Ibu Profesional ASIA melahirkan Rumah Belajar Literasi serta membuat program "Nulis Bareng" sehingga membangkitkan semangat lagi untuk menulis kisah selain dari Tantangan 10 hari.
Tema kali ini seputar kegiatan mengisi liburan bersama keluarga. Nah pas banget tuh, Oktober ini kami kedatangan keluarga dari Semarang. Kedua eyang Agatha, Bunda Tya dan Ayah Iis, serta dua ponakan Zeroun dan Zafran menghabiskan liburan disini. Hanya sayangnya kedatangan mereka tidak bertepatan dengan libur sekolah Agatha, sehingga kami-pun tidak maksimal untuk menemani mereka keliling Singapura. Saya akan membagi cerita dari beberapa tempat yang sempat kami kunjungi bersama-sama. Salah satunya Admiralty Park. Tentunya Saya dan Agatha sudah berkali-kali pergi kesini sejak playground ini dibuka tahun lalu. Saudara sempet bertanya, apakah harus membayar kalau datang kesini?? Ohh tentuu tidak! Sudah saya kasih stempel Free! hehehehe.. Gak lah, bukan saya tapi NParks. Hampir semua Park dan Playground yang dibawahi oleh Nparks semua free.
Doc. Pribadi
Admiralty Park terletak di Woodlands di bagian Utara wilayah Singapura. Admiralty Park ini mempunyai 26 slide. Seruu banget kann! puas-puasin deh tuh meluncur dengan berbagai macam gaya hehehehehe..  ini adalah Salah satu Parkplayground yang mempunyai slide terbanyak di seluruh park di Singapura. Dan yang paling seru disini ada slide yang panjangnya sampe 23m dengan ketinggian 9m. Tapi jujur ajah yang ini saya agak takut. Saya gak tahu sejak kapan saya merasa phobia berada di tempat gelap dan sempit, jadi saya memilih untuk gak mencoba, dan lebih memilih slide yang gak tertutup agar lebih lega bernapas. Admiralty park ini buka 24 jam. "Monggo lho ya, mau pergi jam berapa ajah, atau mau sekalian siskamling di sana juga boleh, asal jangan sampe dangdutan, bisi di usir satpam Nparks  hehehe.."
Untuk datang kesini dari area manapun, kita bisa berhenti di Woodlands Bus Interchange, dari sana bisa naik bus 903 dan berhenti di Bus Stop ke 2. Kalau kuat sih sebenernya dari Woodlands Bus Interchange bisa goes nyepedah lho ya. Hitung-hitung olahraga hehehe..
Hari berikutnya kami menyusuri Clarke Quay sampai ke Merlion park, karena adik Zafran waktu kesini masih kecil. Sehingga dia minta diajak ke Merlion lagi. Merlion adalah icon negara Singapura. Hampir semua orang yang datang ke Singapura di pastikan akan mampir kesini. Saya dan Agatha sudah gak kehitung ntah berapa kali mengunjungi tempat ini selama 8 tahun tinggal di negara ini. Untuk sampai ke Clarke Quay ini kita turun di Raffles Place MRT Station. Dan keluar menyusuri Exit H. Lalu belok ke kanan, ketemu deh sama Singapore River. Singapore River sangat bersih dan di kiri kanannya terdapat tempat-tempat hangout untuk nongkrong yang keren, yaitu Clarke Quay dan Boat Quay. Di area ini juga ada Singapore River Cruise. Ini adalah wisata perahu untuk menyusuri Singapore River. Perahu akan mulai dari dermaga Clarke Quay (khusus naik kapal ini), setelah itu akan melewati Boat Quay lalu CBD Singapore melewati Fullerton Hotel yang sangat megah sampai ke Merlion Park. Sambil mengambil foto dan mengarungi sungai, kita juga akan mendengarkan penjelasan mengenai sejarah Singapore River dari suara yang sudah di rekam di dalam kapal yang kita tumpangi. Akan di jelaskan berbagai sejarah jembatan/gedung, dan juga penjelasan mitos-mitos yang di percaya orang membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi rakyat Singapura. Jika kita naik kapal di malam hari maka kita dapat menikmati suasana Marina Bay dengan lampu yang indah di sepanjang sungai.
Doc. Pribadi
Harga Singapore River Cruise di Loket:
Dewasa $25 SGD
Anak $15 SGD
Yang membayar hanya anak-anak usia 3-12 tahun, serta dewasa 13 tahun keatas. Tiket dapat di tukar di loket, pas sebelah dermaga untuk naik perahu. Loket berada di Clarke Quay Jetty (near G-Max Reverse Bungy). MRT Terdekat Clarke Quay atau di Raffles Place MRT. Jam operasi naik perahu di Singapore River Cruise buka jam 10 pagi - jam 9 malam. Tiketnya open date, seandainya hari ini belum bisa pergi bisa dipakai di hari yang lain.
Sebenernya ada beberapa tempat lain yang kami kunjungi bersama-sama keluarga di bulan ini. Tapi kali ini cukup dua tempat saja dulu ya. Cerita tentang beberapa playground dan Park di Singapura juga sudah pernah saya tulis di blog ini. Ada di bagian Wisata & Park di Singapura.
Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan segan untuk bertanya di kolom komentar ya, saya akan coba jawab sesempatnya hehehehe.