Wednesday, October 31, 2018

"Ofo Bike"

https://www.awolgranada.com/ofo-bikes-in-granada/
Kali ini saya ingin membahas penyewaan sepeda di Singapura. Bersepeda keliling Singapore sambil berolahraga. Aplikasi favorite di handphone saya jatuh kepada Ofo Bike. Sejak kemunculannya di Singapore  pada Januari 2017 tahun lalu, sebagai salah satu fasilitas sharing bagi public, si kuning hitam ini sudah mencuri hati saya. Sejak saat itu saya adalah pelanggan tetap Ofo bike bersama Agatha.
Ofo Bike ini adalah sebuah perusahaan layanan bike sharing di singapore, yang menyediakan jasa penyewaan sepeda secara online. Di mana penggunanya harus mengunduh aplikasinya dan nantinya harus menggunakan kamera handphone untuk menscanning QR code yang terdapat di frame sepeda. Lalu QR code yang sudah terbaca dan bluetooth handphone yang sudah menyala sebelumnya, akan membuka gembok sepeda dan kemudian nantinya saat ingin berhenti menggunakan, tinggal gembok kembali sepeda lalu dengan teknologi bluetooth pula yang akan menyelesaikan dan menghitung masa pemakaian sepeda. Seperti itulah cara kerja bike sharing berbasis aplikasi ini. Sebetulnya saya menjajal semua tipe bike sharing seperti, Mobike, Obike, SG Bike dan Anywheel. Namun yang paling cocok ya Ofo bike ini. Sudah jodoh nya sama ini kali yak.. hehehehe..
Yang pernah saya baca, Ofo ini adalah perusahaan pertama sebagai jenis sepeda bersama terbesar yang diciptakan untuk memberikan solusi transportasi kota terbaik yang dapat mengubah mindset warga mengenai permasalahan perkotaan dengan go green. Saat ini Ofo telah terhubung dengan 10 juta pengguna sepeda untuk mencapai lebih 200 juta di negara seperti Australia, Austria, China, France, Germany, India, Japan, Italy, Malaysia, Singapore, Netherland, UK, US, dan masih banyak lagi lainnya.
Doc. Pribadi
Dengan adanya bike sharing ini, saya yang tidak membeli sepeda pribadi sangat terbantu, saya juga tidak perlu memikirkan biaya perawatan, dan saya bisa menemukan sepeda sharing ini dimana saja, terutama di public area atau di parkirkan di bawah apartemen-apartemen penduduk Singapura. Dan salah satu kegiatan olahraga yang paling saya senangi selain jalan kaki muter-muter Singapura, ya berenang dan bersepeda ini. Jadi pas bangetsss! Saya juga bisa kapan saja menemani Agatha yang juga suka bersepeda. Kalau mau pergi ke tempat-tempat yang tidak jauh dari rumah juga saya usahakan tidak menggunakan Bus, saya tetap memilih bersepeda. Sedikit berkeringat tapi bikin fresh! Ssssttt... ini salah satu cara diet ala saya. Semoga yaaa.. diet nya saksesss! hehehehe..
So' kalau kalian jalan-jalan ke Singapura dan ingin putar-putar Singapura dengan biaya minimalis sekaligus ingin berolahraga, maka saya merekomendasi Ofo bike, karena sepedanya lebih baru dan lebih baik kualitasnya. Ada 2 tipe yang dikeluarkan oleh Ofo bike, yang menggunakan gear dan yang tidak. Tapi keduanya tetap asyik dipakai kok. Biaya sekali rental start from $0.50 to unlock + $0.50/15 min, atau kita bisa top up untuk 7 hari $1.59 dan 30 hari $6.99. Dengan tarif pemakaian 50 cent per 30 menit, cukup lumayan menghemat biaya transport untuk warga Singapura yang masih kuat dan sehat. Selain berhemat, badan juga jantung menjadi sehat, serta tujuan terciptanya bike sharing ini telah memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar yaitu mengurangi polusi tentunya ya. Meskipun selama hampir 9 tahun saya disini saya hampir gak pernah liat asap knalpot motor atau mobil di jalan raya.
Disini saya coba membagikan cara mudah untuk menyewa Ofo Bike di Singapura.
1. Download aplikasi Ofo Bike di posel kita.
2. Kemudian kita daftar dulu nomor handphopne dan verified via SMS
3. Masukan detail kartu debit atau kartu kredit, Penggunaan bike sharing dikenakan biaya deposito, hal ini untuk memastikan bahwa kita bertanggung jawab sebagai pengguna.
4. Cari sepeda yang bisa dipakai, bisa dari aplikasi yang akan memberitahukan dimana posisi Ofo Bike di parkirkan, atau dari mencari fisiknya di sekitar kita.
5. Bila sudah bertemu dengan sepeda, klik unclock lalu scan barcode. kunci akan terbuka. (ada yang terbuka otomatis bila bluetooth dinyalakan, ada yang manual bila bluetooth dalam posisi off)
6. Setting tempat duduk sesuai dengan tinggi badan kita
7. Setelah selesai pemakaian, parkirkan sepeda di tempat parkir umum yang disediakan. Jangan memarkirkan sepeda di tempat pribadi yang menyulitkan pengguna lain menemukannya.
8. Lock kembali sepeda sampai bunyi, dan terlihat notifikasi di handphopne kita.
Selamat mencoba naik sepeda keliling Singapura sekaligus berolahraga. Dijamin seru!

#HariKe-3
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#KeluargaMultimedia

0 comments:

Post a Comment