Monday, May 28, 2018

"Mematuhi negosiasi"

Di Ramadhan ke-12, Alhamdulillah Masjid berikut yang kami pilih adalah Masjid Al Islah di Punggol, sekitar 50 menit dari rumah kami dan harus ditempuh menggunakan Bis. Ketika Agatha bangun tidur saya langsung bertanya, "Agatha mau ke Masjid mana hari ini? Mama ada dua pilihan Masjid untuk berbuka kita hari ini. Agatha pilih mana? Pergi ke Al Islah di Punggol atau Al Mawaddah di Sengkang?" Agatha lalu menjawab "kita ke Al Islah ajah ma.." Oke baiklah.. kalau Agatha mau ke masjid hari ini aturannya masih sama ya nak, tidak lari-larian di Masjid, makanan apapun yang disajikan pada saat berbuka kita harus memakannya dengan sukacita, dan harus tarawih" begitu lanjutku. Pukul 3pm Agatha sudah pergi ke kamar mandi untuk mandi dan setelahnya dia sholat Asar sendiri. Dia cukup antusias tiap berbuka di Masjid. Selesai sholat dia mulai memasuk-kan barang-barang yang mau dia bawa ke Masjid. Diantaranya biskuit, air minum, kerupuk, kertas gambar dan pena juga Robot Gundam-nya. Untuk yang terakhir saya agak keberatan. Lalu saya bertanya kepadanya "Agatha pergi ke masjid untuk apa?" "Sholat ma" jawabnya. "So' buat apa membawa Gundam ke masjid nak?" apakah itu cukup penting untuk dibawa?" lanjutku lagi. Dia dengan tampang cengar-cengir mengeuarkan Gundam yang sudah dia masuk-kan kedalam tas tadi. "Hehehe.. oke Ma, Agatha ga bawa Gundam" katanya.
Keberatan kedua saya adalah ketika dia mau membawa tas ketika dia berusia 3 tahun, yang mana menurut saya tas tersebut sudah tidak cocok lagi untuk-nya. "Agatha itu tas Mama rasa udah ga cocok buat Agatha, terlalu kecil dan itu bukan tas untuk anak seumuran Agatha" lanjutku. Tapi Agatha bersikeras untuk membawa-nya ke masjid. Lalu saya mengajaknya bernegosiasi "oke, Agatha bisa membawa tas itu ke masjid dengan perjanjian Agatha tidak boleh main-main di masjid, sholat dengan khusuk dan Agatha harus bertanggung jawab terhadap tas dan barang-barang yang sudah Agatha bawa" Dia kemudian menyahut "oke ma.. Agatha akan bawa sendiri tasnya"
Alhamdulillah sejak berangkat, berbuka, sampai tarawih selesai Agatha mematuhi aturan dan kesepakatan yang kami buat sebelum berangkat. Dia membawa dan menjaga sendiri tas nya, tidak berisik, tidak berlari-lari di Masjid, makan menu berbuka dengan lahap serta sholat dengan khusuk. 

#HariKe-12
#GameLevel7
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#BintangKeluarga
#SemuaAnakAdalahBintang

0 comments:

Post a Comment