Tuesday, May 22, 2018

"Menanamkan empati kepada sesama"

kiblatmuslimah.com
Mengajarkan dan menanamkan rasa perduli dan empati kepada anak-anak harus dimulai sejak dini. Begitupula ketika Agatha harus berbagi tempat duduk dikereta kepada Aunty yang lebih tua. Dengan ikhlas si bocah berinistiatif untuk berdiri dan bilang "i'm okay to stand up ma... give my seat to aunty". 
Sebetulnya contoh seperti ini jarang sekali saya ucapkan dengan kata-kata, lebih kepada memberi contoh dalam perbuatan. Ketika ada ibu hamil, orang sakit, ibu yang membawa anak kecil maupun orang yang sudah tua, saya berusaha memberikan tempat duduk di kereta atau di bus, meskipun kadang pada saat itu saya sangat mengantuk dan penat.
Mungkin dari memberi contoh itu Agatha bisa menilai dan meniru apa yang saya lakukan, sehingga dia pun dengan mudah tergugah ketika melihat orang yg sudah tua atau ibu-ibu yang membawa anak kecil seperti hari ini. Dari jauh saya hanya mengancungkan jari jempol dan tersenyum untuk mengapresiasi sikap empatinya. Terimakasih Agatha. Ketika engkau memudahkan orang lain, in shaa Allah, Allah akan memudahkan hidupmu. 

#HariKe-6
#GameLevel7
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#BintangKeluarga
#SemuaAnakAdalahBintang

0 comments:

Post a Comment