Thursday, November 08, 2018

"Almaany - Arabic Dictionary"

Quotes penyemangat dari Imam Asy-Syafi'ie ini membuka pikiran saya akan pentingnya belajar.
"Bila kamu tak tahan penatnya belajar,
maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan."
Belajar memang membutuhkan waktu, usaha, upaya, kerja keras, tenaga dan pikiran. Jika kita belum mendapatkan hasilnya sekarang, maka kita harus percaya, bahwa suatu saat nanti kelak ilmu yang kita pelajari dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil, tidak hanya bagi diri kita, tapi bagi anak dan keturunan kita kelak. Hal ini sangat saya yakini sekali. Sejak Agustus 2018 lalu, selain mengikuti kelas Bunda Sayang, yang setiap hari dipertemukan dengan T10 atau tantangan 10 hari, saya mencoba mengambil kursus bahasa Arab online yang soal-soal latihan dan pengumpulan tugas-tugasnya juga dilakukan setiap hari Senin-Jumat. Namun alhamdulillah saya selalu berusaha disiplin dan konsisten dalam mengerjakan dan tepat waktu sampai detik ini. Saya mencoba mendisiplinkan diri dalam mengerjakan semua tugas-tugas yang di berikan kepada saya dengan penuh tanggung jawab dan tidak asal-asalan. Tidak hanya pada T10 dan Kelas Bahasa Arab Online ini. Tapi kepada semua tugas yang saya terima. Cuma untuk T10 hari ke-9 “I’m so bad luck”, saya submit saya sejak pukul 22.00 WIB tetapi ternyata tidak masuk karena gangguan sinyal di perjalanan saya dari Batam menuju perairan Singapura. Saya sudah berusaha menjelaskan tetapi tetap dianggap tidak mensubmit linknya. Baiklahhh... Abaikan 🙁
Kalau saya bilang, sebetulnya ini bukan passion saya, namun saya berusaha dan mencoba mendobrak pakem yang selalu saya gaungkan sendiri yaitu saya tidak akan melakukan sesuatu yang bukan passion saya. Tapi kali ini saya mencoba, dengan niat utama yaitu belajar, belajar yang tak memandang usia, yang mungkin anak SD saja pasti mampu mengikuti kursus bahasa Arab seperti saya ini. Dalam mengikuti kursus ini saya dibantu dengan kamus Tamyiz Kawkaban dan Kamus online Almaany.
Kamus Almaany sangat membantu saya dalam menterjemah soal-soal yang saya terima ketika mempelajari kursus bahasa Arab ini.
Nah yang akan saya bahasa adalah kamus kedua ini, kamus Almaany Kamus Bahasa Arab ini kelebihannya bisa di download di Android dan juga Apple Store dan bisa di pakai secara offline sehingga tidak membutuhkan koneksi internet.
Kata-kata dari Quran diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya arti dari kata-kata al-Qur'an diterjemahkan ke bahasa Indonesia. 
Kita bisa mengetik tulisan Arab dengan menggunakan keyboard virtual yang disediakan oleh Website ini secara online. Sungguh sangat memudahkan sekali ya. Kita jadi terbiasa menulis tulisan Arab. Yang mana in shaa Allah semakin sering menulis maka kita akan semakin hapal untuk menulis tanpa melihat Al Quran ataupun kamus lagi. 
Kita bisa mencari dengan menggunakan bahasa Indonesia juga, misal ketika kita mengetik kata hujan, maka kita akan terbantu karena kamus ini tidak hanya menampilkan kalimat utama dari kata hujan, namun kata-kata yang juga mendekati dengan kata yang kita cari tadi, seperti di sana di tampilkan juga kata hujan deras, hujan es, hujan gerimis, cuaca hujan, jas hujan, atau kata-kata lain yang saling berkaitan dengan pencarian kita ini. Kamus ini hadir dalam 9 bahasa internasional yaitu Arab Inggris Spanyol Portugis Prancis Turki Persia Indonesia dan Jerman. Kamus ini juga di rekomendasikan sekali oleh kenalan saya yang memang kuliah mengambil jurusan Bahasa Arab di Al Azhar. Jadi, jangan takut untuk belajar bahasa Arab ya. Dan tidak ada kata terlambat untuk belajar jika kita ingin mencobanya. 

#HariKe-11
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#KeluargaMultimedia

0 comments:

Post a Comment