Friday, November 09, 2018

"wikiHow"


Satu lagi aplikasi andalanku adalah "wikiHow". Aplikasi ini bisa dibuka dengan dua cara, bisa langsung melalui aplikasinya (install di handphone) atau bisa membuka websitenya di https://id.wikihow.com (yang ini versi bahasa Indonesia) sementara di Handphone saya versi berbahasa Inggris. WikiHow sudah hadir dalam 17 bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. wikiHow mengklaim telah memiliki 160 ribu artikel how to yang bisa disunting oleh para kontributornya. Memang konten asli mereka belum 100% diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, tapi konten berbahasa Inggrisnya pun mudah sekali di pahami. Sejarah Wiki How pertama kali dilaunching pada bulan Januari 2005, dua pemilik of eHow, Jack Herrick and Josh Hannah, memulai wikiHow—sebuah proyek kolaboratif yang mencoba membangun pangkalan data pedoman cara terbesar di dunia. Sementara situs eHow telah memiliki instruksi dalam melakukan ribuan cara, wikiHow memperbolehkan komunitas kontributor untuk membangun sesuatu yang lebih besar dan lebih baik. Pada tanggal 28 April 2006, eHow dijual dan wikiHow diluncurkan sebagai sebuah situs mandiri dengan alamat domain www.wikihow.com domain. (https://id.wikipedia.org/wiki/WikiHow)
Versi Aplikasi Hanphone (Berbahasa Inggris)
Wikihow memposting artikel yang berbasis tentang pedoman cara. Pokoknya cara apa saja ada di wikihow. Cara merebus ayam, cara untuk memasang kompor, cara belajar bahasa asing autodidak, samapai ratusan cara lainnya yang unik, simple dan sedikit lucu bagi saya. Bahkan dijelaskan langkah-langkah nya, mirip sekali dengan aplikasi resep masakan hehehe.. 
Namun herannya saya malah merasa lebih nyaman mencari sesuatu lewat wikiHow daripada lewat wikipedia meskipun tak jarang wikipedia pun sangat membantu sekali. 
Versi PC (Berbahasa Indonesia)
Untuk mempermudah pencarian, pada wikiHow juga dibagi kedalam beberapa kategori, saat ini di antaranya antara lain adalah:
  1. Dunia kerja,
  2. Filsafat dan agama,
  3. Hari raya dan tradisi,
  4. Hobi dan kerajinan tangan
  5. Hubungan pribadi,
  6. Kawula muda
  7. Keluarga,
  8. Kesehatan,
  9. Keuangan dan bisnis,
  10. Komputer dan elektronik,
  11. Makanan dan penjamuan,
  12. Mobil dan otomotif
  13. Olahraga dan kebugaran,
  14. Peliharaan dan hewan,
  15. Pendidikan dan komunikasi
  16. Perawatan diri dan gaya,
  17. Rumah dan taman,
  18. Seni dan hiburan,
  19. Travel
Hampir sama halnya dengan wikipedia, kita juga dapat menyumbang tulisan pada wikiHow ini, karena penulis dan pembacanya dari seluruh belahan dunia, jadi siapa saja bisa menyumbangkan artikelnya di sini. Intinya kolaborasi di antara penulis dan pembacanya.


Dan dari sekian banyak artikel, ada salah satu artikel yang paling menyelamatkan saya yaitu artikel dengan judul "Cara menyelamatkan ponsel basah". Artikel ini 100% benar dan tepat, saya mencoba salah satu anjuran yang di tulis dalam artikel ini yaitu menyimpan ponsel tersebut kedalam beras. Nahhhh! berhasil hanphone saya yang basah selamat hehehe... 

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/WikiHow


#HariKe-12
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#KeluargaMultimedia

0 comments:

Post a Comment