Tuesday, November 06, 2018

"Goodreads"

Saya resmi menginstall aplikasi GoodReads ini sejak November 2010. Jadi November tahun ini sudah 8 tahun saya bergabung di komunitas Goodreads. GoodReads merupakan situs jaringan sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Sama seperti situs jaringan sosial lain, GoodReads mempunyai konten friend, group, maupun discussion. Bedanya, GoodReads memungkinkan anggota untuk menampilkan daftar buku sudah dibaca (read), buku yang sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to read). Dalam situs ini, pengguna dapat saling berbagi rekomendasi buku bacaan dengan memberikan review (menulis ulasannya) maupun komentar, dan yang paling penting memeriksa rekomendasi dari pengguna lain sekaligus kita dapat berinteraksi dengan sesama pecinta buku lainnya di seluruh belahan dunia.
Kita juga dapat menilai buku yang kita baca, mencari buku-buku baru menggunakan mesin pencari, menerapkan filter, genre, dll. Dan tentu saja kita dapat mengakses rak virtual-nya. Kita juga dapat menggunakan kamera handphone untuk memindai kode batang buku atau Barcode sebuah buku, sehingga semua informasinya akan tampil. Setelah melakukan itu, kita dapat menambahkan buku tersebut ke rak buku kita sendiri, menilainya, menulis ulasan, atau menambahkannya ke 'daftar bacaan' kita.
Oh iya tentang Rak Buku Virtual atau shelves ini sendiri sesuai preferensi. Custom Shelves ini bisa disesuaikan sama kebutuhan kita, hampir sama seperti kita mengatur rak buku di rumah; mana buku kuliah, mana novel, mana buku impor, di rak mana yang buku-bukunya bagus dan bakal dibaca ulang, dll, dst.  Nantinya, shelves ini bakal memudahkan teman yang sedang membuka profil kita untuk browsing buku-buku yang sudah kita tambahkan di shelves tersebut, atau sebaliknya, memudahkan kita melihat buku-buku terkategori di shelves milik teman.
Semoga kita makin semangat membaca dan bisa menularkan semangat ini kepada anggota keluarga kita masing-masing di rumah.

Referensi:
http://nukhbahsany.blogspot.com/2015/03/sekilas-tentang-goodreads-dan-bagaimana.html

#HariKe-9
#GameLevel12
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#KeluargaMultimedia

0 comments:

Post a Comment