Friday, July 06, 2018

“Belajar mencatat pengeluaran harian”

Hari yang melelahkan bagi Agatha hari ini, pergi ke 2 open house sekolah. Cuaca pun sedikit ga bersahabat, panas nya ga kira-kira. Kalau udah begini alergi agatha pasti kumat, gerah dan kepanasan, cuaca yg humidity nya tinggi kaya gini sangat riskan buat dia. Dan tentunya kehausan dan kepanasan. Dannnn... pastinya minta jajan, meskipun saya udah bawa minum dan jajanan sendiri dari rumah. Kayanya dia dah ga perduli hari ini bisa saving atau enggak. Sepanjang acara open house, semua cemilan yang saya bawa dari rumah pun habis dilahap. Sementara acara open house masih berlangsung sampe sore karena di dua tempat. Jajanan pertama yang dia minta pocky, jajanan kurang sehat ini sering dia dapat di sekolah dari temen-temen yang Birthday. Setelah minta ijin suami akhirnya di ijinkan Agatha membeli pocky. Dengan syarat tidak makan-makan sejenisnya selama seminggu. Eh ga lama berselang pocky habis si bocah minta beli Green Tea. Wahhhh bakal ga bisa saving nih hari ini dalam hati saya. Hehehe...
Ternyata Green Tea bukanlah akhir dari permintaan jajan yang dia minta hari ini. Dalam perjalanan ke kantor suami sore tadi, dia kembali minta dibelikan Ice Milo dengan alasan “Agatha haus banget maaa... please”! Dan riwayat jajan Agatho ditutup dengan makan Popcorn Noddles di Orchard. Setelah makan malam selesai saya mengajak Agatha untuk mencatat ulang jajanan apa saja yang dia beli hari ini. Sebenarnya tujuan nya adalah untuk mengenalkan konsep Saving, Sharing dan Spending yang baru saya dapatkan Rabu kemarin pada program Cemilan Rabu di kelas Bunda Sayang. Namun malam ini saya hanya mengajak Agatha untuk mencatat apa saja yang sudah dia beli dan berapa pengeluaran dia hari ini. Ternyata setelah saya bantu menulis dan Agatha menuliskan harga “jajanan” dia hari ini, di dapatlah total yang cukup banyak yaitu sejumlah $10.70. “Wahhh kalau Agatha mendapat jatah $1/hari, pengeluaran hari ini sangat tidak seimbang” kataku kepada Agatha.
Agatha langsung pasang muka khawatir, wah ma.. banyak banget, Agatha minta maaf deh, kalau hari ini spent banyak money” sahutnya. Saya sih santai saja, cuma menasehati “coba saja kalau hari ini Agatha ga banyak belanja mungkin Agatha bisa saving lebih banyak”. "Ini pelajaran berharga ya, ingat konsep keinginan dan kebutuhan nak". Disini Agatha juga harus mempertimbangkan sebelum memutuskan membeli sesuatu meski itu harganya tidak mahal. Besok-besok kita masih punya PR, karena saya masih harus mengajaknya mengenal konsep sharing dari hasil saving nya tersebut. Sampai jumpa di cerita selanjutnya 😊😊😊

#HariKe-9
#GameLevel8
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

0 comments:

Post a Comment