Tuesday, July 03, 2018

"Rejeki itu pasti, Kemuliaan-lah yang dicari"

Melalui materi ini ada satu hal yang mengingatkan saya tentang bagaimana awalnya perkenalan Agatha dengan "money" alias uang ini. Yaitu tentang bagaimana cara mendapatkan uang dengan sebuah usaha. Karena pengenalan uang selain sebagai bentuk pembayaran, cara-cara mendapatkan uang juga tidak lepas sebagai salah satu bentuk usaha dan bentuk rezeki dari Tuhan, Allah SWT.
Didalam Al Quran pun banyak sekali firman Allah SWT tentang rezki dan bagaimana cara-cara manusia mendapatkan rezeki tersebut. Allah Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ، وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan ke luar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya” (QS ath-Thalaaq:2-3).
Seperti kisah perjalanan mudik kami yang sangat berharga tahun ini, beberapa kisah sudah saya ceritakan di hari-hari pertama Agatha yang semakin mengenal fungsi uang dan bagaimana cara mendapatkan-nya. Selama ini ketika dia bertanya "why Papa must go to office ma..?' Saya menjawab sesimpel mungkin "ya Papa harus bekerja, agar mendapatkan uang, agar kita bisa makan, agar Agatha bisa sekolah juga agar Agatha bisa membeli mainan. Jadi "doktrin" ini sudah menjadi kesehariannya, jika kamu ingin mendapatkan uang kamu harus bekerja dan berusaha.
Dan kebetulan sekali budhenya yang di Semarang, adalah orang yang paling tahu cara mengambil hati anak-anak. Budhe Lisa namanya, dia adalah Kakak ipar suamiku, sangat baik dan sudah seperti kakak sendiri. Sangat sayang kepada saudara dan keponakan-keponakannya. Tahun ini Budhe Lisa membagikan "angpaw" dengan cara yang tidak biasa. Anak-anak diajarkan untuk berusaha mendapatkan angpaw dari Budhe Lisa dengan cara yang keren menurut saya. Di acara keluarga besar kami kemarin, anak-anak diminta untuk menjawab pertanyaan dari Budhenya. Jika anak-anak berhasil menjawab maka Budhenya akan memberikan uang sebagai hadiah.
Seperti salah satu pada video dibawah ini. Anak-anak mendapatkan pertanyaan tentang hapalan surah, doa dan tentang cara membaca niat sholat. Majulah para anak-anak satu persatu dengan penuh semangat. Tidak terkecuali Agatha, dengan penuh semangat 45 berusaha menjawab pertanyaan dari Budhenya.
Lembar demi lembar uang dia dapatkan dengan cara yang menyenangkan. Alhamdulillah, terimakasih Budhe sudah mengajarkan anak-anak untuk tidak mudah mendapatkan sesuatu termasuk uang. Mengajarkan anak-anak untuk berusaha dan berikhtiar dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya.
Di dalam Ibu profesional, hal-hal seperti ini sangat berkaitan sekali dengan kalimat sakti yang sering digaungkan oleh IIP: "Rejeki itu pasti, kemuliaan lah yang di cari, oleh karena itu carilah dengan cara-cara yang mulia. Dan anak-anak ini in shaa Allah mendapatkan rejeki dengan cara-cara yang mulia pula. Barrakallahu, ini adalah salah satu pelajaran yang sangat berharga tentang konsep rejeki yang berupa uang.

#HariKe-6
#GameLevel8
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

0 comments:

Post a Comment