Monday, July 09, 2018

"Mengenalkan Uang Melalui Kegiatan Belanja"

Kalau saya dapat tantangan dari kelas Bunda Sayang, maka sore ini saya mencoba memberi tantangan kepada Agatha. Awalnya terbit ide memberi tantangan ini karena, ketika ingin makan roti tawar, roti tawarnya hampir habis. Dalam hati, hmm.. bagaimana kalau saya suruh Agatha saja yang membeli ke mini market aunty India di area apartemen kami. Awalnya saya agak deg-degan, wah bener ga nih ya saya  nyuruh anak 6 tahun pergi sendiri, tapi mengingat masa kecil saya dulu juga seusia itu sudah  disuruh-suruh pergi ke toko dekat rumah untuk membeli pesanan orang tua. Dan tanpa diduga, ketika saya mengkomunikasikan hal ini kepada Agatha, dia cukup antusias dan mau mencobanya. Agatha bilang "oke maaa.. Agatha bisa, Agatha kan sudah Abang sekarang" (gayanya.. 😃).
Tujuan lain dari memberi tantangan ini adalah untuk semakin mengenalkan uang melalui kegiatan belanja. Saya memberikan Agatha uang $2 untuk membeli roti, kenapa hanya $2 karena saya sudah tahu harga roti itu memang hanya $2. Jadi Agatha pun dapat memahami, bahwa uang $2 hanya bisa dibelikan satu jenis belanjaan yaitu roti tawar seberat 400gram. Disini saya juga menekankan bahwa Agatha hanya akan berbelanja sesuai dengan budget  atau uang yang saya berikan tadi. Dan hasilnya.. Agatha kembali kerumah membawa roti tawar baru dengan riang gembira. Dia terlihat sangat percaya diri dan merasa mendapat kepercayaan yang besar dari emaknya 😆😆 karena ketika kembali sampai rumah dia nyeletuk: " Agatha bisa ma beli roti sendiri tanpa ditemani mama.. Agatha happy.."
Good Job my boy! 👏👏👏

#HariKe-12
#GameLevel8
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

0 comments:

Post a Comment