Friday, September 14, 2018

Aliran Rasa Level 10: "Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng”

Tantangan level 10 ini membuat saya flashback ke masa kecil yang mana, orang tua terutama Bapak banyak sekali perbendaharaan dongeng yang beliau ceritakan di masa kecil saya. Qadarullah kepulangan saya kerumah orang tua seminggu kemarin juga membuat Agatha langsung mendengarkan dongeng dari Atuknya ini. Dongeng-dongeng yang beliau juga ceritakan kepada saya waktu kecil. Yang saya sendiri juga sudah banyak lupa. Mendongeng ini juga membuat saya jadi semakin belajar mengembangkan imajinasi dalam mengolah kata, berekspresi, mengolah vokal, mengatur intonasi saat bercerita, serta mengatur mimik wajah yang sesuai dengan alur cerita.
Tantangan ini juga memotivasi Agatha membuat sebuah cerita dari hasil gambar-gambarnya selama ini. Biasanya sih dia menggambar saja, tanpa mau bercerita maksud dari apa yang dia gambarkan.
Lower Peirce Reservoir Park
Kegiatan mendongeng ini juga menjadi ajang bagi saya untuk memberi pesan moral kepada Agatha dengan harapan-harapan saya untuk merubah perilaku-perilaku nya yang saya rasa masih harus diperbaiki, seperti enggan makan buah, maka saya harus menciptakan dongeng tentang monyet pintar dan kuat yang gemar makan buah, tentang sikap tolong menolong, saling mengasihi, pada kisah Ibu dan anak Monkey, kisah persahabatan yang tulus seperti pada dongeng kura-kura, menjauhi sifat licik dan ingin menang sendiri yang ada pada cerita kancil, serta kisah tentang Harimau dan Singa, yang mana kisah tersebut memberi pesan moral agar Agatha mampu meredam egonya, agar Agatha belajar untuk mau sharing dan tidak bersedih juga marah ketika mendapatkan kekalahan. Karena dalam hidup tentu ada menang dan kalah. Ketika menang, maka jangan terlampau senang. Begitupula ketika kalah, maka jangan terlampau sedih karena setiap ujian dan cobaan selalu menjadi kabar pengantar tentang akan datangnya plot kehidupan berikutnya, yakni skenario yang menyedihkan dan skenario yang membahagiakan. Keduanya akan silih berganti.
Perjalanan masih panjang, tapi hal-hal kecil seperti ini in shaa Allah bisa membawa dampak yang positif bagi saya dan Agatha sebagai sebuah tim kecil yang selalu bersinergi dalam membangun dan menciptakan hubungan kasih sayang, pemakluman, penerimaan, dan saling menghargai di anatara kami lewat tantangan-tantangan di kelas Bunda Sayang ini.

#AliranRasa
#GameLevel10
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#GrabYourImagination

0 comments:

Post a Comment