Wednesday, September 05, 2018

Cemilan Rabu Ke-3 | Kelas Bunda Sayang Level ke-10: "FUN LEARNING"

🌳 Cemilan Rabu ke - 3 🌳
Materi Kelas Bunda Sayang Level ke-10: FUN LEARNING
Rabu, 5 September 2018

Fakta membuktikan bahwa wanita berbicara lebih banyak daripada pria. Wanita rata-mengeluarkan 20 ribu kata per hari sedangkan pria hanya tujuh ribu kata per hari. Hal ini membuktikan bahwa wanita punya modal untuk menjadi seorang pendidik bagi anak-anaknya karena dia dengan mudah menemukan kata-kata untuk transfer ilmu pada sang buah hati.  

Potensi ini harus diasah dengan baik sehingga ibu akan menjadi seorang guru yang luar biasa untuk buah hati. Potensi unggul wanita ini dapat disalurkan untuk memberi pembelajaran pada buah hati lewat empat metode fun learning. Apa saja empat hal yang tidak dapat ditolak oleh anak? Empat hal tersebut adalah dongeng, bermain, hadiah dan kejutan.

🏑 1. Dongeng 🏑
Hai para ibu mendongenglah! 
Dongeng menurut James Danandjaja (20017:83) adalah cerita pendek yang disampaikan secara lisan dimana dongeng cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar terjadi. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan walaupun banyak juga yang melukiskan kebenaran, berisikan pelajaran moral atau bahkan sindiran.

Ibu yang senang mendongeng dapat menyampaikan banyak ilmu pengetahuan, mengenalkan adab dan memasukkan nilai-nilai kebaikan kepada anak. Si kecil akan kaya kosa kata, pandai bercerita, mengembangkan imajinasi, anak dapat menyampaikan pesan verbal dengan baik dan membangun kedekatan dengan anak.

πŸ• 2. Bermain πŸ•
Ibu, jangan berjarak dengan anak! Anak belum pernah dewasa tapi Anda sudah pernah menjadi anak-anak. Maka bermainlah! Mainkan permainan yang menyenangkan sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti memasak bersama, mencuci baju bersama, membereskan rumah bersama. Selami pikiran mereka dan jadilah bagian dari anak. Jadikan semua kegiatan rutinitas di rumah seperti permainan. Ajak anak untuk bergabung dengan Anda dan tentukan aturan sederhana pada anak. Misalnya siapa yang cepat melipat baju masing-masing dengan benar akan memperoleh hadiah. 

Jika Anda bahagia sebagai ibu maka anak akan memandang bahwa mengerjakan semua pekerjaan rumah itu seru dan membahagiakan.

🎁 3. Hadiah 🎁
Siapa yang tidak suka hadiah? Bahkan orang dewasa suka diberi hadiah. Nah, berikan anak hadiah sebagai reward atas keberhasilannya melakukan sesuatu dengan catatan jangan diberitahukan di awal. Berikan sebagai surprise. Hadiah tak perlu mahal. Sebuah es krim untuk lomba melipat baju akan sangat membahagiakan anak. 

πŸŽ‰ 4. Kejutan πŸŽ‰
Jika tiba-tiba suami datang membawa oleh-oleh makanan kesukaan pasti ibu senang kan? Kejutan membuat hidup menjadi lebih hidup. Begitupun anak-anak. Mereka juga suka dengan kejutan yang menyenangkan. Kejutan tak perlu mahal. Misalnya buatkan anak papercraft karakter kesukaannya ketika Anda pulang kantor pasti mata anak-anak akan berbinar dan senyum merekah sepanjang hari. Sudahkah Anda merencanakan fun learning hari ini?

πŸ‚ Tim Fasilitator Bunsay3 
___
Referensi:
Seminar parenting di school life of Lebah Putih


Bunda Sayang, 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak, Komunitas Institut Ibu Profesional, Gazza Media, 2013, Surakarta

0 comments:

Post a Comment