Friday, November 24, 2017

Aliran Rasa Level 1: "Komunikasi Produktif"

Aliran Rasa Level 1: "Komunikasi Produktif"
Bunda Sayang #3 Kelas Internasional

3 Sifat, 3 karakter, 3 keinginan, dari kami bertiga, disatukan dalam rumah tangga dengan peran-peran-nya masing-masing.
Suami yang tidak banyak bicara, tenang, cuek, tidak grasa-grusu, tidak panikan, mampu menguasai emosi dengan cukup baik. Dan yang paling penting adalah selalu berorientasi pada solusi ketika menghadapi sandungan-sandungan dalam rumah tangga yang pernah kami hadapi.
Saya yang mempunyai karakter sebaliknya, meluap-luap, ekspresif, selalu beusaha bertindak cepat, berbicara cepat, sedikit panikan, sensitif dan pemikir. Hal kecil apapun mengambil tempat tersendiri untuk singgah dalam otak saya.
Lalu Agatha yang lincah, ceria, selalu menghangatkan suasana, sensitif dan keras seperti saya, mempunyai kemampuan sosialisasi yang cukup baik, serta pengamat terbaik saya dan Bapaknya. Keluarga kecil ini sedang belajar, dari dulu ya belajar, bahkan hingga tua nanti, hingga badan berkalang tanah. Belajar untuk saling memahami, memaklumi, menerima kekurangan dan kelebihan diantara kami. Butuh waktu?? memang iyaaa... tapi mempercayai bahwa niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik, akan mengalahkan rasa pesimis. Komunikasi produktif dalam tantangan 10 hari ini sudah begitu banyak mengajarkan saya dan suami untuk memfilter ucapan-ucapan kami. Yang  paling penting yang saya rasakan dalam menjalani komunikasi produktif ini adalah, semakin belajar menguasai emosi, sabar dan berusaha memaklumi. Walau yaaaa.. tak jarang kesabaran-nya masih kudu dipoles terus dengan usapan wudhu dan zikir, agar hati lebih lemah lembut dan ikhlas dalam menjalani, melewati dan memahami dua karakter ajaib disamping saya ini.
Sepanjang melewati dan melakukan tantangan ini, banyak hal positif daripada hal negatif yang saya dapatkan. Tantangan ini seperti memperbaiki dan mempererat hubungan saya dan suami, begitu juga dengan Agatha. Jauh lebih mudah memaklumi nya dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Kami adalah 3 watak yang berbeda, berada dalam satu tujuan yang sama untuk saling melengkapi. Komunikasi produktif ini sangat membantu. Segala sesuatu yang saya sampaikan kepada suami dan Agatha terasa lebih efektif, sehingga dapat dengan mudah dipahami dan diterima.
Semoga tantangan-tantangan pertama komunikasi produktif ini, menjadi awal yang baik untuk bisa di implementasikan dan dipertahankan kedalam kehidupan kami sehari-hari. In shaa Allah

#AliranRasa
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP
#InstitutIbuProfesional

0 comments:

Post a Comment