Tuesday, November 14, 2017

"I can watch the Lion Dance on Sunday"

Minggu adalah salah satu hari special bagi Agatha, karena cuma di hari itu dia boleh pegang Gadget. Dan sejauh ini cuma 2 tontonan Favorite dia, Pesawat, dan Barongsai alias Lion Dance. Jika Minggu sudah berlalu dan berganti Senin, Agatha sering kali memastikan kepada saya "Ma.. Sunday i can watch Youtube ya..??" "iya jawabku.." Seolah meyakinkan lagi kalau dia gak di PHP in sama emaknya. hahahaha.. Karena bagi saya, bermain diluar rumah lebih keren daripada main Gadget.
Cuma dalam pemikiran dan pertimbangan saya dan suami, kenapa kami tetap memberlakukan minimal 1 x dalam seminggu jadwal "Pergadgetan" (halahhh bahasaneee belibet..πŸ˜›πŸ˜›) karena berdasarkan beberapa pertimbangan. Anak masa kini termasuk Agatha, tumbuh dalam lingkungan dunia media digital yang di satu sisi dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan mereka, namun di sisi lain juga dapat membahayakan tumbuh kembang mereka. Sebagai orang tua kami tidak menutup mata bahwa banyak sekali hal-hal positif yang bisa dia ambil, contoh, dan pelajari. Terutama kemampuan bahasa Inggrisnya yang meningkat. Namun disisi lain kami tetap melakukan pendampingan dengan tidak membiarkan dia bermain sendiri sekenanya dikarenakan bahaya gadget dan internet dengan konten-konten yang tidak bisa dikontrol.  Dan pertimbangan lain-nya adalah bila kami tidak mengizinkan sama sekali Agatha menggunakan Gadget, kami sedikit khawatir bila sedang berkunjung kerumah orang lain, ketempat umum, bermain bersama teman-temannya, yang mana kita tidak tahu bagaimana cara masing-masing orang tua dalam membatasi penggunaan gadget pada anak mereka. Yang bila si anak lain sedang bermain Gadget setidaknya Agatha ga "ndeso-ndeso banget" ga kepengen-kepengen banget karena sudah pernah pegang dan mencoba. 
Untungnya dengan perjanjian (meski tidak diatas kertas, hehehe..) Agatha mampu menyepakati hal ini. Bahwa Gadget time nya jatuh pada hari Minggu alias Sunday hehehe.. 
Tapi ya itu, dalam masa menunggu hari minggu, hampir tiap hari dia meremind saya.. "ma, ini hari apa sih?" "Tuesday tha jawab ku".. "trus Sunday kapan ma?" "ya setelah Saturday nak.." jawab ku lagi. Dan pertanyaan seperti ini hampir setiap hari dia tanyakan, hahaha.. (ga bosen apa yak??). Dia benar-benar menunggu hari Minggu dengan sukacita hahaha.. Seperti siang ini, dia tampak serius menggambar..
Dia menggambar dan menulis  "Agatha - Lion Dance Toy - Sunday". Lengkap dengan  gambar Barongsai, pemain barongsai dan logo Youtube nya, hehehe... Seolah memberi saya pengingat dan meminta persetujuan saya "Inget lho ma.. " I can watch Lion Dance on Sunday" ya kan?? ya kan??
Lalu dia menempelkan hasil karyanya di rak buku depan tempat tidur kami. Yang posisinya sangat-sangat strategis, karena bila kami membuka pintu kamar, mata kami langsung bisa tertuju pada Mahakarya Agatha ini hehehe... (bisaan deh bocah hahaha..)
Agatha sepertinya mampu berfikir jauh kedepan, bahwa untuk menghadapi Emaknya yang selalu punya cara  agar dia lupa dengan Gadget di hari Minggu serta untuk menghadapi kebawelan emaknya dalam mencari berbagai alasan, maka dia tidak mau kalah,  disusunlah taktik yang ga kalah elok dari Emaknya. Tanpa banyak ba bi bu, tanpa banyak interupsi. Bila suatu hari di Minggu esok dan esoknya lagi mencoba mengalihkan dan pura-pura lupa akan Gadget Time nya, maka dia bisa menarik tangan saya ke kamar sambil melihat gambar yang sudah tiap malam tanpa sengaja kami pandang-pandangi.. hahahaha.. "Masa sih Mama dan Papa mau mangkir lagi"  (begitu mungkin pikir AgathaπŸ˜‚πŸ˜‚)
Sungguh Komunikasi yang produkif >___<  Skor 1:1. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

#Hari13
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP


0 comments:

Post a Comment