Friday, November 17, 2017

"Siapa yang mau jadi anak baik?"

Ada yang bangun tidur langsung happy.. "ma ini sunday bukan?" hahaha saya jadi pengen ketawa..  "Belum nak", jawabku. Pagi ini saya buka dengan pertanyaan singkat. "Siapa yang ingin jadi anak baik?".. Mensugesti pada diri saya sendiri dengan harapan, pertanyaan yang saya buat adalah sugesti yang sama buat Agatha.. Dan Alhamdulillah, sepanjang hari sampai saya menulis tulisan ini, semua di lalui dengan mulus. Mungkin itu yang namanya doktrin kekuatan pikiran kepada hal-hal yang positif. Sehingga hasil yang didapat pun positif. Setelah dialog menanyakan hari tadi, Agatha segera move on setelah mendengarkan pertanyaan saya, dia buka baju dan lalu pergi ke kamar mandi.. "Mau ngapain nak??". "Mandi donk.." Nahh enak kan, ga harus berotot 💪🏻dan melotot 😱dulu dulu nih emaknya.😝😝 Abis itu dia pilih baju sendiri sesukanya. Hari ini saya mengajaknya jalan-jalan, karena memang Jumat adalah hari istimewa, pertama dia tidak mengaji dan Jumat memang saya jadikan hari special bermain outdoor bersama Agatha. Saya menanyakan kemana dia mau pergi, mengijinkan dia untuk membeli cemilan yang di hari biasa tidak ada tawaran itu dari saya serta membiarkan dia melakukan sesuatu yang sebenarnya saya ga setuju, kaya hari ini nih.. mau membawa boneka kucing favorite nya. (boneka jaman saya SD). "mbo' ya yang dibawa itu mobil-mobilan, atau pesawat, lha ini malah boneka kucing🐱
So, hari ini kami pergi naik Double Decker Bus ke Serangoon, mampir di Nex membeli cemilan pilihannya hari ini yaitu Oreo, Kit-Kat dan Sebotol Green Tea. Dan saya seperti belajar lagi, mendapatkan pelajaran baru lagi, bahwa satu kalimat, pertanyaan atau pernyataan produktif mampu memberikan dan menghasilkan banyak kemudahan dalam mengelola pikiran dan emosi si anak. Sehingga sudah sepatutnya saya memberikan reward berupa pujian terhadap sikap-sikap baik Agatha hari ini. "Wahh mama seneng sekali, hari ini Agatha baik banget. Ga polah di MRT, ga polah di Bus, dan duduk manis di Grab Car. Mama juga seneng setiap hari Agatha tidak lupa bilang terimakasih kepada Uncle Driver  tiap turun dari Bus. Itu kerennn banget lho nak... Agatha is the Best. Dan pujian itu membuat matanya berbinar-binar. Terimakasih untuk hari ini. Ibu yang bahagia menghasilkan anak yang bahagia serta rumah tangga yang bahagia. Dan bahagia-nya seorang anak, mampu membuat seorang Ibu rela melakukan apa saja, untuk dapat melihat binar-binar bahagia itu selalu disana. Dimata anak kecil itu. 👦🏻

#Hari16
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP
#InstitutIbuProfesional

0 comments:

Post a Comment