Monday, November 06, 2017

Produktifnya berbagi peran dalam Rumah Tangga

Papa & Agatha Private Doc.
Memang menjadi hal yang paling menyenangkan bila Bapak Suami bekerja dirumah alias cuti. Lha cuti kok masih bekerja? ya iya.. bekerja membantu istri untuk momong anak maksudnya, Horeee!! (Sering-sering ya Pa..). Lagian udah mau Desember cuti masih ada 12x.. sayang kan kalau ga dipake hehehe.. (modus istri)
Hari ini adalah hari yang produktif. Sejak bangun pagi, ketika suami mengatakan bahwa hari ini dia mengambil cuti, (masih ditempat tidur) saya langsung mencoba kaidah-kaidah komunikasi produktif, yaitu "choose the right time" Udah pas kan ngobrol ditempat tidur ala-ala "Pillow Talk" (ngomongin tentang bantal buuukk? kagakkk.. maksudnya dialog diatas bantal, yang biasanya dilakukan sebelum tidur sih, tapi baeeee atuh, pagi juga gpp, sama-sama masih nemplok diatas bantal juga kann hahaha..) memilih waktu dan suasana yang nyaman (Note: garis bawahi ya ibu-ibu, jiahhhhh....)  selanjutnya mempraktek-kan "Clear and Clarify.."
Suami: "aku cuti hari ini.."
Saya: "wahhh asik, ya wiss leyeh-leyeh ajah dulu.."
Suami: "aku laper..."
Saya: "mau dibikinin apa? "
Suami: "ga usah, ntar aku bikinin sendiri"
(dalam hati, suami gw emang mandiri hahaha...)
Karena mungkin tiap pagi saya menyiapkan bekal dia berangkat kerja, jadi hari ini karena dirumah dia merasa bisa menyiapkan sarapan yang dia suka. Tapi pada dasarnya suami memang tipe mandiri  dari dulu dan suka masak, jadi kalau cuma bikin sarapan mah gampang banget buat dia. "Good Job pap" 😛😛😛
Saya: "Pah karena kamu ga ngantor, gimana kalau hari ini kita bagi tugas?
(suami belum menjawab saya dah nyerocos lagi)

Before
"Hmm.. Aku hari ini banyak tugas, terutama mau bebersih rumah (sok sibuk, sok sibuk.. wkwkw), jadi aku minta tolong handle segala keperluan dan kepengenan Agatha ya..  Quality time sama si bocah yak... gimana?"
Suami: "ok.."
(Mungkin karena gw ngomong terlalu "clear dan langsung clarify" makanya langsung muncul jawaban yang singkat, padat dan jelas hehehe, tapi doi emang bukan tipe orang yang pintar berbasa-basi mengungkapkan pemikiran atau merangkai-rangkai kalimat panjang kali lebar, jawaban itu baginya sudah mewakili semua pernyataan saya pagi ini.. - kali ini dalam judul "istri yang tak terbantahkan" lalu nyengirrr trinkk!! hehehe..)
Jadilah hari ini hari yang menyenangkan, biasanya agak-agak "rush" gituuu.. kalang kabut dipagi hari.. termasuk urusan bangunin bocah hehe.. Hari ini saya sebagai manager online mendapatkan tugas memandu WAG Foundation IIP ASEAN, dalam program Semangat Senin dan Fun Fact. Setelah semua sarapan, susu, cemilan Agatho terpenuhi saya sambi meramaikan dan mensupport jalannya dikskusi Fun Fact. Lalu disambi juga mempersiapkan makan siang kami. Sembari menunggu Goreng ikan membuat lempah kuning (seperti pada video diatas hahaha..) saya sambi lagi dengan mencuci baju di mesin cuci, tinggal pencet tombol On, lalu byee.. ditinggal deh. Lanjut mantengin diskusi lagi. Alhamdulillah semua bisa dijalani dengan penuh semangat.. Mereka pergi berdua, jalan-jalan, bersepeda, menggambar bersama, main lion dance bareng. Sepanjang mereka pergi main diluar Mama lebih tenang membereskan pekerjaan domestik sambil mantengin Diskusi Fun Fact. Bebersih rumah terasa lebih tenang (lha biasanya lagi ngepel bocah mondar-mandir main selancaran.. yang udah di pel lecek lagi dahhh..). Seneng ngeliat bonding antara anak dan Bapak, apalagi anak laki-laki, suami pun semangat meladeni anaknya. Ini momen "bonding" yang luar biasa dengan Agatha.. dan Agatha super-super happy donk bisa punya waktu satu hari penuh bersama Bapak. Ga "Sabtu bersama Bapak" lagi deh, dah diganti jadi "Senin happy with Bapak" hehehe..  Maklum biasanya ketika suami berangkat kerja Agatha masih tidur dan ketika suami pulang Agatha sudah bersiap tidur lagi, waktu bermain dan berinteraksi bersama Bapak-nya sedikit sekali. Sementara  baginya, Papa adalah sahabat favorite nya, seperti yang selalu dia katakan "Papa is my best friend ma" tepatnya "Papa-ku idolaku" (ohhh jadi Mama engga? cuma Papa ajah? gituuuu, tegaaaaa, Mama yang 24 jam hampir  tiap hari bersama, ga diakui jadi best friend..?? sedihh baperr.. hikss! Dialog Mamak-mamak kalau lagi lebay wkwkwk) Dan Agatha cuma jawab: "gak gitu Maaaa.. Aku suka juga be your best friend ma.. "(Mama langsung sumringah, kejap-kejap mata..) "ohhh so sweet makasih sayangkuuu". Sampai malam hari pun, mereka berdua masih mesra, meski kadang saling menjahili satu sama lain eh maksudnya ngejailin (jiahhh bahasa gw, engga banget.. ) sesekali saya nimbrung sambil mengerjakan pekerjaan rumah dan melanjutkan bebersih, sesekali kami bercanda, sambil saya menyiapkan makan malam, sesekali saya ikut bertanya ketika suami menjelaskan materi phonic bersama Agatha..
After
Alhamdulillah rumah beres dan rapi (meski yakin cuma beberapa saat, hahaha..), lalu bisa makan malam bersama (yang biasanya jam makan malam, suami masih dikereta atau baru pulang ketika jam makan malam selesai). Pokonya hari ini ga hanya Komunikasinya yang produktif, tapi saya pun jadi lebih produktif dan semangat. Tidak ada yang merasa terabaikan. Semua undercontrol.. Indahnya bekerjasama.. Terimakasih Bapak Suami atas bantuan-nya (nanti saya kasih badge yak.. "suami sayang anak istri" wekekeke...) sering-sering ya, jangan segan-segan.. hahaha..

#Hari5
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunSayIIP

0 comments:

Post a Comment