Tuesday, December 19, 2017

Aliran Rasa Level 2: "Melatih Kemandirian Anak"

Aliran Rasa Level 2: "Melatih Kemandirian Anak"
Bunda Sayang #3 Kelas Internasional

Perjalanan "Melatih Kemandirian Anak" dalam Tantangan 10 Hari telah berakhir, namun pelajaran kemandirian dalam dunia nyata masih akan terus berlanjut, karena penerapan dan konsistensi adalah tantangan paling nyata selanjutnya. Sebagai role model terdekat bagi seorang anak, peran orang tua adalah memberikan teladan. Kata teladan dalam hal ini tentunya bermuara kepada maksud-maksud dan tujuan-tujuan kebaikan. Ini tugas berat orang tua, namun bukan berarti pula tidak bisa diupayakan. Ketika anak belajar, maka proses belajar yang sama pula yang harus dilakukan para orang tua. 
Hasil 17 hari tulisan tantangan pengamatan kemandirian saya kepada Agatha lebih berkutat kepada kemandirian dalam segi pengelolaan emosi, kemandirian dalam memilih apa yang di inginkan serta bertanggung jawab terhadap pilihannya, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri, berpikir dan bertindak kreatif serta penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan sekitarnya, mempunyai rasa percaya diri, rasa perduli, melatih kesabarannya, memperoleh kepuasan dari usahanya serta cara  dia bersikap dengan sekitarnya. Semuanya saya coba rangkum dalam tulisan-tulisan saya dibawah ini:
Sebagai pemeran utama dalam tantangan ini, Agatha sudah melakukan peran-nya sesuai dengan kata hatinya, tanpa paksaan, intervensi, tanpa arahan saya sebagai sang sutradara nya, inisiatif yang muncul itulah yang saya jadikan objek pengamatan. Memang dalam pelaksanaannya banyak hal juga yang tidak bisa saya hindari, namun itu tidak mematahkan semangat saya untuk percaya dan konsisten akan apa yang sudah berjalan. Terus menyemangati, mengupayakan, memberikan teladan, memfasilitasi, dan yang terakhir doa. Doa yang tiada pernah terputus untuknya Apapun yang saya lakukan sebagai orang tuanya saat ini adalah bekal baginya kelak. Namun dalam kehidupan selanjutnya Agatha harus berpijak pada kakinya sendiri. Memaknai kemandirian seutuhnya bahwa kelak dia akan berdiri sendiri; tidak tergantung pada orang lain, termasuk kepada orang tuanya sendiri.


#AliranRasa
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#MelatihKemandirianAnak
#KuliahBunsayIIP
#InstitutIbuProfesional

0 comments:

Post a Comment