Sunday, December 03, 2017

Manage Your Time

NICE HOMEWORK #11 - MANAGE YOUR TEAM
Institut Ibu Profesional 
Program Matrikulasi Koordinator Batch #5
Alhamdulillah Wasyukurillah...
Tiba diakhir dari seluruh rangkaian NHW pada program matrikulasi koordinator batch #5. NHW#11 ini mengajak kami berandai-andai hahaha..
Namun saya rasa sudah ga jaman berandai-andai lagi, sudah waktunya langsung menjalankan program yang memang sudah kami rancang dan canangkan seperti yang tertuang didalam NHW#10 lalu. Namun akan ada beberapa tambahan program dari ide diskusi saya bersama Tim Manager Online saya Mba Ita Utami. Sampai saat ini IIP wilayah ASEAN tetap menggunakan 2 Manager Online yang mana sejauh ini pembagian tugas dilakukan tanpa adanya dualisme kepemimpinan. Saya yang berada di Singapura dan Mba Ita yang berada di Malaysia saling memback-up tugas, saling suppport dalam menjalankan peran kami dalam satu tim yang sama.
Tantangan kami memiliki 42 member dari berbagai negara ASIA dan Timur Tengah membuat saya dan Mba Ita sebagai sesama Manager Online IIP ASEAN melakukan diskusi yang pada akhirnya diskusi online itu membuahkan pemikiran bahwa Manager Online akan meminta kesediaan satu orang Admin di tiap wilayah. Admin ini akan melakukan tugas nya dalam rangka menjalankan program-program yang sudah dituangkan pada program tahunan IIP ASEAN, dan melaporkan hasil kegiatan kepada Manager Online di pusat. Jadi semua admin wilayah akan mengacu pada program seperti gambar diatas yang program tersebut juga sudah pasti dilaksanakan di headquarters IIP ASEAN yaitu Singapura. Penjelasan dari poin-poin diatas adalah:
1. Melanjutkan program-program yang sudah pernah berjalan ditahun 2017.
Meningkatkan kualitas semua member dan meminimalisir SR dengan menawarkan/menunjuk mereka semua secara bergiliran  untuk berperan aktif mengelola member dengan menjadikan mereka moderator / panitia-panitia pada Kulwhaps, Diswhaps, Kopdar dan Talkshow (poin ini sudah berjalan).
2. Melakukan kegiatan sosial ke Panti Asuhan serta Rumah Jompo di negara masing-masing.
Hal ini dapat dilakukan oleh semua member meskipun berbeda-beda negara. Dan akan lebih mudah lagi apabila dalam satu wilayah negara ada 2 sampai 3 orang member yang dapat menjalankan program ini bersama-sama. Mengenai waktu, ini akan ditentukan oleh masing-masing admin wilayah.

3. Mengambil bagian menjadi Volunter
Diberbagai acara dinegara masing-masing dan melaporkan kegiatannya ke Manager Online.

4. Perpustakaan Rumah/Perpustakaan Online.
Perpustakaan Rumah atau perpustakaan online ini mengajak semua member untuk mulai membudayakan membaca sekaligus mereview isi buku, baik itu buku yang dibaca secara online maupun buku dalam bentuk fisik. Jadi semua hasil review terhadap buku yang sudah dibaca akan dikrim ke manager online untuk di update kedalam blog. Member lain pun dapat mengetahui buku apa saja yang sedang dibaca oleh member yang tinggal dinegara lain. Dan member dapat membagi link bacaan online mereka atau merekomendasikan buku-buku yang sudah mereka baca dalam review singkat mereka. Dan ulasan para member pada sebuah buku pun kami rencanakan akan dijadikan salah satu tema diskusi mingguan di WAG IIP ASEAN.

5. Kopdar 
Admin bisa mulai melakukan kopdar di masing-masing negara bila mempunyai member yang satu negara dengan mereka. Waktu pelaksanaan dikondisikan di oleh masing-masing admin. dan melaporkan hasil dari kegiatan kopdar ke pusat.

6. Produktivitas Blog.
Ditahun depan Manager Online akan lebih memfokuskan waktu untuk mengelola blog yang akan diisi tidak hanya tentang program-program IIP ASEAN dan pelaksanaannya tapi berbagai program lain yang sarat manfaat yang tidak hanya bisa dinikmati oleh member. Kami akan berusaha menebar manfaat keluar komunitas, dengan membawa bendara komunitas IIP ASEAN.

7. Evaluasi Program Manager Online
Setiap bulan Manager Online akan mereview kegiatan yang sudah dijalankan disemua wilayah oleh admin wilayah melalui Diskusi Online di WAG IIP ASEAN.

Demikian penjabaran ini, semoga Allah memberi kami kemudahan dalam beraktivitas, dengan niat mulia berharap mampu bermanfaat bagi orang banyak. Karena kebaikan, kebermanfaatan, tidak selalu dinilai dengan uang. Bisa dengan berbagi ilmu, tenaga, waktu, serta apapun yang bisa membawa kebaikan dan manfaat bagi orang lain. Semoga ini menjadi amal jariyah saya. Karena saya memilih untuk meninggalkan kebaikan dengan kontribusi selama hidup didunia ini. In shaa Allah

#NHW11
#MatrikulasiKordiBatch#5
#InstitutIbuProfesional
#MembangunKomunitas
#MembangunPeradaban

0 comments:

Post a Comment