Tuesday, December 12, 2017

"Kemandirian Dalam Memilih Apa Yang Diinginkan"

Agatha minta izin kepada saya hari ini, (hmm.. ga pake kata-kata izin sih..heheh..) cuma bilang.. "ma.. aku ga mau pergi ngaji ya hari ini, aku pusing," saya ga tau dia beneran pusing apa engga, tapi saya mengiyakan "ya sudah kalau mau dirumah ajah.. tapi kalau di tanya Papa, kamu harus bisa jawab sendiri ya, ga boleh minta tolong mama buat bantuin jawab ya" begitu kataku. Dia cuma diam saja. Saya ga tau pemakluman seperti ini apakah baik atau tidak, namun saya cukup mengerti akan keadaan Agatha, setiap hari melewati 48km PP itu, benar-benar sebuah perjuangan yang tidak mudah dilakukan oleh anak seusia dia. Mungkin dia sedang penat, atau boring. Jadi saya pikir memberikan dispensasi sekali-kali untuk tidak pergi mengaji bukan bentuk sebuah kemanjaan. Yang penting dia bisa tetap beraktivitas dirumah. 
Setoran Gambar ke-1 dan Setoran Gambar hari ke-2
Setelah menyetujui keinginannya, saya tanyakan padanya, "kalau Agatha tidak mau pergi mengaji, hal apa yang ingin Agatha lakukan untuk mengganti aktivitas mengaji hari ini?" Dia menjawab "dengerin murottal diva ajah ma" (ada serial Diva di Youtube yang salah satunya adalah murottal surat-surat pendek) dan menggambar juga katanya. "Oh ok lanjutku..sepakat!"
Jadilah sejak pagi saya menyalakan Youtube yang connect ke TV agar dia bisa mendengarkan murottal meskipun sambil mondar-mandir sana sini. Lalu kegiatan siang di lanjutkan dengan menggambar. Dalam satu minggu ini saya punya tantangan untuk Agatha. Tantangannya adalah setor hasil gambar nya selama 5 hari. Bebas mau menggambar apa saja. Sejak kemarin dia sudah melakukan itu. Dan dia cukup happy dengan tantangan ini. Jika kemandirian di artikan sebagai cara seseorang untuk bertindak bebas, benar, dan bermanfaat; berusaha melakukan segala sesuatu dengan jujur dan benar atas dorongan dirinya sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, saya pikir hari ini Agatha memilih apa yang dia inginkan tanpa intervensi dari saya. Dan siap dengan konsekuensinya. Dia memilih tidak pergi mengaji, dia memilih untuk mendengarkan Murottal dan memilih menggambar dirumah saja. Bagi saya dia sedang belajar mengatur dirinya sendiri sebagai salah satu tahap kemandiriannya.

Dan hari ini ditutup dengan tidy up his toys, dia membantu saya merapikan Hot Wheels nya. Oke, selamat istirahat Agatha, semoga besok semangat pergi mengaji lagi ya.. Ganbatteeeee!

#Hari13
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP

0 comments:

Post a Comment