Sunday, December 03, 2017

"Menjadi Teladan dalam mengasah Kemandirian"

Hari ke-4 Tantangan 10 hari. 
Mengajak dan melatih kemandirian anak sejatinya adalah memberikan teladan bukan lagi sebuah ajakan, omelan, nasehat, dsb. Terutama bagi para balita yang fasenya adalah fase imitasi dan role model utamanya adalah orangtuanya. Maka, bukan dengan mengajak namun memulai memberikan teladan di depan anak-anak yang menjadi kunci kesuksesan melatih kemandiriannya. Namun kali ini bukan saya yang menjadi Role Model bagi Agatha dalam memberikan teladan. Tetapi justru dialah yang memberikan teladan bagi teman-nya yang lebih kecil. Cerita hari ini adalah:
Ketika Abbas ingin minum, tanpa saya sangka Agatha menawarkan untuk memberikan Milo nya kepada Abbas. Biasanya anak ini sedikit pelit untuk sesuatu yang menjadi favoritenya. Hihihi. Jadi saya harus mengucapkan Alhamdulillah atas kebaikan dia yang bersedia untuk sharing kepada Abbas hari ini. Karena melihat Abbas minum, Agatha pun minta minum kepada saya. Lalu dia mengajak Abbas yang masih berdiri memegang botol Milo. "Abbas, sini come, come... sit here.. Minum disini.. (Agatha mengajak Abbas minum sambil mengambil posisi duduk). Lalu Abbas kecil mengikuti sambil sedikit bingung, dan mereka minum bersama dengan posisi duduk. Masha Allah.. Saya terharu.
Sejujurnya, saya tidak terlalu ketat memberikan pengertian kepada Agatha tentang Adab Makan dan Minum yang baik berdasarkan Sunnah Rasullullah. Hanya sesekali saya mengingatkan bila dia mau makan atau minum sambil berdiri "Nak.. ayo makan dan minumnya sambil duduk ".. sisanya saya kadang memakluminya. Sifat pemakluman ini sangat tidak baik. Saya membuat Agatha menjadi tidak konsisten akan Sunnah yang sering saya ingatkan. Sehingga dia kadang masih makan dan minum sambil berdiri atau bahkan sambil berjalan. Maafin ya Agatha. Terimakasih Agatha, kalau bahasa Papa "Good Job Nak.." Mama tidak perlu menuliskan kisah panjang tentang tantangan kemandirian untukmu hari ini, karena tanpa Mama sadari terkadang kamu sudah lebih dulu memahami nya anak-ku. 

#Hari4
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP

0 comments:

Post a Comment